Friday, December 28, 2012

Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Best Book Covers


1.  Emeritus, Memoar Seorang Pendeta by Ita Siregar

Cover yang dibuat oleh ilustrator senior Iksaka M Banu ini saya rasa sangat mewakili kisah dalam buku ini tentang seorang pendeta dari gereja besar yang memasuki masa Emiritasi (pensiun).

Didominasi warna hijau, dengan tampilan  seorang pendeta yang sedang melangkah dalam koridor diantara kursi-kursi gereja yang kosong membuat novel ini terkesan dramatis.






   2. Gadis Kretek by Ratih Kumala

Cover yang dikemas dalam nuansa merek rokok ini terkesan klasik dan indah. Tidak bosan rasaya menatap tampilan cover ini. Sebulan setelah novel ini terbit, cover ini banyak menuai komentar sebab dianggap provokatif  karena menampilkan seorang wanita yang sedang memegang rokok. 

Cover ini dibuat oleh Iksaka M. Banu



3. Playing God by Rully Roesli

Cover yang menggambarkan boneka dokter yang digerakkan oleh tali-tali yang tersorot oleh sebuah sinar ini saya rasa sangat menggambarkan kisah2 dalam buku ini dimana profesi  dokter kadang harus berperan sebagai tuhan yang menentukan hidup matinya seseorang.




 4. Sepatu Dahlan by Khrisna Pabichara

Desain cover dengan ilustrasi seorang anak yang sedang menatap sang surya ini bagus sekali. Sepeda dengan sepasang sepatu yang tergantung menggambarkan cita-cita sederhana Dahlan kecil yang begitu menginginkan sepeda dan sepatu seperti teman-teman sekolahnya.





5. Winter Dreams by Maggie Tiojakin

Cover yang didesain oleh Steven Andersen ini indah sekali, dengan dominasi warna kuning dan siluet buran gedung dan seekor burung membuat cover buku ini terkesan hangat.

Cover novel ini multi interpretasi, pembaca harus menebak-nebak sendiri apa yang ingin disampaikan ilustratornya dengan cover seperti ini... sangat menarik!

#####

Kalau diminta untuk memilih, dari kelima cover buku di atas saya akan memilih cover Winter Dreams sebagai Best of The Best kategori Book Cover dari buku-buku yang kubaca selama tahun 2012 ini.


@htanzil

 
 Posting ini merupakan event Book Kaleidoscope 2012 yang digagas oleh blog Fanda Classiclit 
Kelima cover buku di atas dipilih berdasarkan buku-buku yang kubaca selama tahun 2012 (disusun berdasarkan abjad)

8 comments:

Fanda Classiclit said...

Aku juga suka cover Gadis Kretek. Masak sih banyak yg protes? Kan dari jaman itu sudah banyak cewek yg merokok? Ada-ada aja...

Emeritus itu, si pendeta menuju ke pintu gereja yg bercahaya, mungkin menggambarkan di akhir masa pelayanannya, dia akan menggapai kehidupan kekal di surga, gitu 'kali ya? (gak baca bukunya, nebak2 aja)

Melisa said...

Aku sih emang keberatan sama siapapun yang merokok, baik cewek maupun cowok *lho apa hubungannya Mel?* tapi karena judul novelnya "Gadis Kretek" salahnya dimana ya kalo menampilkan sosok cewek yang memegang rokok? Dari semua buku diatas paling penasaran sama Winter Dreams. Semoga bisa kebaca tahun depan..

Dessy said...

Samaa aku juga suka cover Winter Dreams!

Gadis Kretek juga baguss! Belum kesampean punya. Tapi mungkin aku termasuk yang kurang suka sama gambar orang+rokok yang secara eksplisit gitu, lha wong iklan rokok aja ga boleh ada adegan merokoknya :p
Gimana kalo tentang perusahaan kondom, masa covernya musti gadis bawa-bawa kondom :p (ngayalnya kejauhan hihi)
Tapi tetep kok cover Gadis Kretek bagus!

Dewi said...

Aku paling tertarik sama cover Playing God. Sebenernya cover orang gitu bukan favoritku, tapi aku suka ide marionetter di covernya

htanzil said...

baru nyadar, dari 5 cover yg kupilih, 4 cover ada ilustrasi orangnya, padahal aku biasanya gak suka cover buku yg pake ilustrasi orang... :D

oh, boneka yg pake tali itu namanya marionetter ya?

destinugrainy said...

Nyari2 buku yang pertama itu kok ga pernah nemu ya? Masih ingat sama review yang pernah rahib posting dulu

alvina vanila said...

eh banyak yg suka gadis kretek, ternyata :D

Anonymous said...

I think whаt yοu sаid was actuаllу verу гeaѕonable.
But, cοnsider this, suppose you addеd a littlе content?
I am not suggestіng уour cοntent iѕn't solid, but suppose you added something that grabbed folk'ѕ аttentіon?
I meаn "Book Kaleidoscope 2012 : Top Five Best Book Covers" is a littlе
νаnіlla. You ought to peеk at Yahoο's front page and watch how they create post headlines to grab viewers to click. You might add a related video or a picture or two to grab readers interested about everything've gоt to say.
Ӏn my оpinion, it mіght bring уour blog a lіttle liνelier.


Here is my ωeb site ... houston garden centers
my web site > garden center