Wednesday, January 11, 2006

Vita Brevis - Sebuah Gugatan Cinta


Judul : Vita Brevis - Sebuah Gugatan Cinta
Penulis : Jostein Gaarder
Penerjemah : VAM. Kaihatu
Penerbit : Jalastura, 2005
Tebal : 154 hal

Salam dari Floria Aemilia untuk Aurelius Agustinus, Uskup Hippo. Tentu saja rasanya aneh menyapamu dengan cara ini. Dulu sekian waktu yang lalu, aku pasti hanya akan menuliskan "Aurel kecilku yang lincah". Namun kini, lebih dari sepuluh tahun sejak kau memelukku, banyak hal berubah. (hal 12)

Nama Agustinus, Uskup Hippo bukanlah nama yang asing bagi umat Nasrani. Agustinus yang juga dikenal sebagai Bapak Gereja dianugerahi gelar Santo (orang suci) oleh Gereja Katolik Roma karena pemikiran-pemikirannya yang luas dan mendalam. Ajaran-ajarannya terus membekas dalam sejarah Gereja hingga kini. Benarkah cupilkan surat diatas memang ditujukan kepada seorang Bapak Gereja?, siapa Floria Aemilia yang memiliki keberanian untuk menulis surat secara informal kepada seorang tokoh gereja yang dihormati?

Seberapa dalam hubungan Floria dengan Agustinus ?Dalam karya akbarnya "The Confessions" (Pengakuanku) yang ditulis oleh Agustinus pada tahun 397 terungkap bahwa Agustinus memiliki seorang kekasih yang tak pernah dinikahinya hingga membuahkan seorang anak yang diberi nama Adeodatus, namun dalam The Confessions ibu dari anaknya tersebut tak pernah disebutkan namanya.Kekasih tanpa nama itulah yang dipercaya oleh Jostein Gaarder bernama Floria yang menulis surat gugatan yang ditujukan pada Agustinus setelah ia membaca The Confessions.

Surat Floria secara tidak sengaja ditemukan oleh Jostein Gaarder (penulis novel best seller Dunia Sopphie) ketika ia mengunjungi pameran buku di Buenos Aires pada musim semi 1995. Setelah beberapa jam mondar-mandir akhirnya Gaarder berhenti di sebuah toko buku kuno kecil. Matanya terpaku pada saat ia melihat sebuah kotak arsip berwarna merah dengan label Codex Floarie. Isinya mengejutkan karena Floria menggugat sejumlah pandangan Agustinus dalam Confessions. Walau awalnya Gaarder ragu akan keotentikan surat itu, namun setelah diperiksa dia yakin bahwa manuskrip itu asli. Codex Floarie inilah yang ditampilkan secara utuh dalam Vita Brevis, Gaarder hanya menambahinya dengan sejumlah catatan yang komprehensif, baik dari rujukan Confessions, Alkitab, mitologi dan manuskrip sejenis dari jaman klasik.

Codex Floarie atau surat Floria yang menjadi dasar buku Vita Brevis ini pada intinya berisi gugatan Floria pada berbagai pandangan Agustinus yang termuat dalam 'Pengakuan' (Confessions), karenanya surat-surat Floria ini pantas disebut "Pengakuan Balik". Jika membaca buku ini pembaca akan mendapat kesan bahwa Floria juga ingin membuat pengakuan seperti halnya Agustinus. Bahkan dia juga ingin agar pengakuannya didengarkan oleh Gereja, dan tidak hanya oleh Agustinus sendirian., Floria bukanlah wanita biasa yang menggugat kekasihnya berdasarkan emosi belaka, setiap gugatannya selalu masuk akal dan kadang mengutip ajaran2 filsuf yang dikenal pada masa itu. Gugatan Floria juga bukan semata-mata berisi gugatan pribadi mengenai hubungan cinta antar dua kekasih saja, melainkan melebar ke wilayah religionitas, feminisme, filsafat, moral bahkan keluarga dan psikoanalisis.

Membaca Vita Brevis tentunya akan menimbulkan pertanyaan besar di benak pembacanya, benarkah surat-surat Floria ini asli? Pembicaraan tentang orang suci memang selalu mengundang penasaran. Namun terlepas dari benar tidaknya buku ini berisi surat-surat Floria pada Santo Agustinus, yang pasti Vita Brevis akan membuat pembaca memandang Santo Agustinus dengan pendangan baru dan buku ini juga mencoba menyingkap sisi sejarah kelabu seorang santo yang selama ini sering ditutup-tutupi demi menjaga kesuciannya.

@h_tanzil

3 comments:

kang parto said...

tentang gereja katolik

t4mp4h said...

mirip da vinci code yah,... menarik juga

Lex dePraxis said...

Bicara soal rahasia hubungan cinta, saya baru saja menulis sebuah e-book terbaru yang akan merevolusi paradigma tentang dinamika sosial pria-wanita Indonesia dalam dunia romansa dan percintaan, berjudul The Secret Law of Attraction (bukan sampah new age seperti yang beredar selama ini), sekaligus kunci otomatis untuk menarik popularitas dan trafik blog Anda.

Download rahasia besar tersebut dalam e-book yang terdapat di http://www.hitmansystem.com/blog/the-secret-law-of-attraction-113.htm