Friday, March 16, 2007

Chicken Soup for the Soul® -graphic novel



Judul : Chicken Soup for the Soul® -graphic novel : Hadiah Terindah
Chicken Soup for the Soul® -graphic novel : Pelajaran Berharga
Gambar oleh : Kim Donghwa
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2006
Tebal : 171 hal ; 156 hal


Jack Canfield, seorang penceramah, motivator, trainer terkenal, pada tahun 1990-an bersama rekannya Mark Victor Hansen yang juga seorang penceramah populer Amerika, berkolaborasi untuk menerbitkan sebuah buku yang berisi kumpulan kisah-kisah inspirasional yang menyentuh hati pembacanya. Buku yang diberinya judul Chicken Soup for The Soul – 101 Stories to Open The Heart and Rekindle The Spirit – terbit pada tahun 1993 dan langsung bertenggernya di #1 NEW YORK TIMES BESTSELLER! untuk jangka waktu yang lama. Edisi pertama buku ini terjual sebanyak 2 juta copy!

Melanjutkan kesuksesan buku tersebut, Jack Canfield dan Mark Hansen kembali mencari kisah-kisah inspirasional agar dapat diterbitkan kembali menjadi buku baru yang kelak akan terus diterbitkan dibawah seri Chicken Soup for The Soul. Ternyata kisah-kisah yang mereka dapatkan baik dari pencarian mereka sendiri maupun dari kiriman-kiriman para pembacanya terus mengalir hingga seri Chicken Soup terus diterbitkan hingga kini dan terus dibaca orang di berbagai negara.

Jack Canfield dan Mark Hansen mengedit, dan mengkategorikan kisah-kisah yang mereka dapatkan, sehingga kelak setiap buku yang terbit akan memiliki tema tersendiri seperti Chicken Soup for the Mother's Soul, Chicken Soup for the Preteen Soul, Chicken Soup for the Prisoner's Soul, Chicken Soup for the Volunteer's Soul, Chicken Soup for the Grandparent's Soul, Chicken Soup for the Ocean Lover's Soul, dll Hingga Januari 2006, 115 judul telah diterbitkan. Lebih dari 100 juta copy telah dicetak dan telah diterjemahkan kedalam 57 bahasa dunia.!

Di Indonesia sendiri, Gramedia Pustaka Utama (GPU), selaku pemegang hak cipta buku ini tampaknya tak mau ketinggalan untuk menerjemahkan seri Chicken Soup. Seri pertama terjemahan Chicken Soup diterbitkan pada tahun 1995 dengan judul Chicken Soup for the Soul 1 - Menjadi Kaya dan Bahagia . Seperti di negara asalnya, buku ini mendapat respon yang sangat baik dari pembacanya. Maka di tahun 1995-2000 mulailah dunia buku Indonesia dirasuki oleh fenomena Chicken Soup. Saat itu rasanya ketinggalan jaman jika pecinta buku tak membaca seri Chicken Soup.

Namun beberapa tahun kebelakang fenomena Chicken Soup mulai meredup, apalagi dengan munculnya fenomena Teen-Lit / Chick-Lit di tahun 2000-an. Namun seri Chicken Soup masih memiliki pembaca setia, hal ini terbukti dengan terus diterjemahkannya buku2 seri Chicken Soup hingga kini. Setidaknya sudah 35 judul Chicken Soup yang telah diterbitkan GPU. Yang teranyar adalah Chicken Soup for The Woman Soul yang terbit pada Januari 2007 dan
dikemas dengan tampilan cover yang lebih berwarna.

Selain itu, kini GPU juga menerbitkan Chicken Soup dalam bentuk yang ‘lain’. Di tengah semboyan Gramedia Goes To Graphic Novel, GPU menerbitkan 2 buah Chicken Soup dalam bentuk Novel Grafis / Komik yang diberi titel Chicken Soup for The Soul - Graphic Novel yang masing-masing berjudul : Hadiah Terindah , dan Pelajaran Berharga.

Karena dikemas dalam bentuk komik, buku ini menjadi lebih berwarna dan menarik. Gambar-gambarnya bersih, dibuat mirip dengan komik-komik Jepang dan diwarnai dengan warna-warni yang menarik. Buku ini dikerjakan oleh kartunis terkemuka Korea, Kim Doghwa. Ia telah diundang ke banyak festifal kartun di seluruh dunia, dan karya-karyanya mendapat sambutan hangat di negara-negara Asia. Eropa, dan kini bukunya mulai diterbitkan di Amerika Serikat. Edisi pertama dan kedua graphic edition seri Chicken Soup for The Soul merupakan salah satu karya terbaiknya.

Seluruh kisah dalam dua buku ini diambil dari buku 2nd Helping of Chicken Soup for The Soul dan A 3rd Serving of Chicken Soup for The Soul. Pada kisah Hadiah Terindah yang dijadikan salah satu judul buku ini diceritakan kisah seorang kakek yang karena suatu sebab tak pernah mau datang ke perayaan Paskah di rumah anaknya. Karenanya Carrie sang cucu berniat untuk memberikan sebuah gambar bikinannya sebagai hadiah untuk kakeknya. Kelak gambar tersebut akan meluluhkan hati kakeknya dan membuat si kakek akhirnya hadir tepat pada saat perayaan paskah di rumah anaknya.

Lalu ada pula kisah “Sepasang Sandal” yang dalam ilustrasinya mengingatkan kita akan tokoh kharismatik India, Mahatma Gandhi. Dalam kisah ini, diceritakan seseorang ketika sedang mengejar kereta yang hendak berangkat tiba-tiba sebuah sandalnya terlepas. Anehnya setelah orang tersebut berhasil naik kedalam kereta, ia segera melepas sandal yang tersisa dan melemparnya keluar kereta. Tindakannya ini menimbulkan pertanyaan dari orang-orang disekitarnya. Ketika ditanya “Mengapa sandal satunya yang masih bagus Anda lempar?”, lelaki yang melempar sandalnya itupun menjawab “Yah, bayangkan saja orang yang mengambil sandal tadi. Orang itu tidak akan bisa menggunakan jika hanya ada satu sandal!” (hal 55).

Selain dua kisah diatas masih banyak kisah-kisah inspirasional yang menyentuh hati pembacanya, masing-masing buku berisi 12 hingga 13 kisah. Diantara kisah-kisah itu kita akan menemui pengalaman para tokoh-tokoh terkenal dunia seperti Muhamad Ali - Champion, Wilma Rudolph (juara Olimpiade’60 untuk lari 100, 200 meter), Benyamin Franklin – Malaikat Tercantik, dan Thomas Jefferson – Mata yang Penuh Kasih.

Karena berbentuk komik, maka buku ini bisa dibaca oleh segala usia, bahkan anak-anak pun dipastikan akan tertarik untuk ikut membaca. Kalimat-kalimatnya yang sederhana namun menyentuh membuat anak-anakpun bisa memahami buku ini. Namun tentu saja peran orang tua masih diperlukan untuk memberi pejelasan pada beberapa kisah yang mungkin masih terlalu sulit untuk dipahami oleh anak-anak. Di akhir tiap kisahnya terdapat juga satu halaman yang hanya berisi kesimpulan atau kata mutiara sehingga memudahkan pembaca menangkap inti cerita yang dimaksud dalam tiap kisahnya.

Kedua buku Chicken Soup for the Soul® graphic novel ini kini telah hadir di tengah penggemarnya. Seri bestseller dunia tentang kisah nyata luarbiasa yang telah membantu dan menginspirasi banyak orang di seluruh dunia ini kini dilengkapi dengan gambar-gambar indah yang bernilai.

Selain itu buku yang berisi kisah-kisah indah tentang kebaikan dan ketegaran yang bisa memberikan pelajaran berharga untuk pembacanya ini sangat layak untuk dijadikan hadiah terindah untuk orang-orang tersayang.

@h_tanzil

9 comments:

Adilla said...

Saya suka sekali baca chicken soup, dan kebetulan sekarang judul-judulnya tambah banyak, ada Chicken Soup for the Dieter Soul dan Shopper Soul juga :). Makasih atas tulisannya, Mas.

h_tanzil said...

Kalau suka baca chicken soup, jangan lewatkan novel grafisnya....

Kobo Chan said...

hm, aku malah gak hobi chicken soup, tapi kalo sop ayam sih suka, heheheheh

Tampilan graphisnya bagus yah?

h_tanzil said...

bagus bo...mirip komik2 jepang dengan mata yang bulat dan pilihan warnanya indah dilihat mata...

sherine 96 thn aja gak bosen2 baca buku ini

Kobo Chan said...

wah.. kobo disamain ama sherine, hi hi hi hi...

Rini said...

jadi tertarik untuk beli kapan-kapan. makasih ya, kang.

Anonymous said...

传世私服
魔兽世界私服
传奇世界私服
魔兽世界私服

魔兽世界私服
传奇世界私服
传世私服
魔兽私服

魔兽私服
传世私服
传奇世界私服

魔兽私服
魔兽私服
魔兽世界私服
魔兽私服
魔兽世界私服

六合彩
六合彩
六合彩
六合彩
六合彩


香港六合彩
香港六合彩
香港六合彩
香港六合彩
香港六合彩

Anonymous said...

World Of Warcraft gold for cheap
wow power leveling,
wow gold,
wow gold,
wow power leveling,
wow power leveling,
world of warcraft power leveling,
world of warcraft power leveling
wow power leveling,
cheap wow gold,
cheap wow gold,
buy wow gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
world of warcraft gold,
wow gold,
world of warcraft gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold
buy cheap World Of Warcraft gold x3i6b7rs

Anonymous said...

aku punya buku ini,sumpah keren banget cerita di dalemnya (Y)