Tuesday, December 18, 2007

7 Trik Sulap Memukau



Judul : 7 Trik Sulap Memukau - Abrakadabra Jadilah Anda Seorang Pesulap
Penulis : Bing Rahardja
Kata Pengantar : Deddy Corbuzier Msc, Yusuf Tirta
Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Cetakan : 2007
Tebal : 35 hlm + bonus kartu permainan
Harga : Rp. 54.000,-

Permainan sulap selalu menarik perhatian orang. Dalam setiap kesempatan, sulap dapat dimainkan dimana saja. Tak perlu panggung yang mewah, atau peralatan yang canggih. Sesederhana apapun bentuk sulap yang disajikan pastilah memukau penontonnya dan mengundang decak kagum dan tepuk tangan dari mereka yang melihatnya.


Semenjak munculnya ilusionis kenamaan David Copperfield yang memadukan sulap dengan intertaiment dan Deddy Corbuzier yang menyebut dirinya sebagai seorang mentalist, sulap kini semakin populer dan semakin banyak orang ingin mempelajarinya untuk menguak apa rahasia dibalik permainan sulap. Karenanya kini kita bisa menemui orang menjajakan peralatan sulap plus latihan singkat untuk memainkannya mulai dari yang relatif mahal yang dijajakan di mall-mall hingga peralatan sulap sederhana yang dijual di emper-emper toko atau masjid.


Saking penasarannya orang akan rahasia sulap, tak tanggung-tanggung kita pernah menyaksikan sendiri sebuah acara TV yang menghadirkan sosok pesulap bertopeng yang menelanjangi rahasia dibalik ilusi-ilusi besar yang pernah dilakukan oleh pesulap-pesulap dunia. Acara TV tersebut sukses ditonton berjuta pemisra dan sedikitnya sudah dua kali diputar ulang di TV swasta kita.


Bagaimana dengan ranah perbukuan yang mengulas bagaimana cara dan memainkan sulap ? Entah di luar negeri, namun yang pasti di Indonesia buku yang memaparkan cara bermain sulap sangatlah jarang ditemukan bahkan mungkin tidak ada. Bersyukur kini sebuah buku yang mengupas trik bermain sulap bagi pemula hadir dengan kemasan buku yang menawan.


Buku 7 Trik Sulap Memukau ini ditulis oleh pesulap senior Bing Rahardja. Namanya mungkin kalah popular disbanding pesulap-pesulap yang muncul di TV seperti Mr Robin, Deddy Corbuzier, Yusuf Tritra, dll. Namun dikalangan pesulap ia adalah master sulap yang sesungguhnya. Menurut Yusuf Tirta dalam kata pengantarnya, Bing adalah seorang yang memiliki kemampuan bersulap yang begitu terasah sampai layak disebut "kamus sulap berjalan", namun karena kerendahan hatinya ia menolak untuk dipublikasikan secara besar-besaran. Tak heran karena kemampuannya inilah Bing Rahardja dijadikan guru, sahabat, dan konsultan bagi Deddy Corbuzier dalam berbagai acaranya.


Buku tipis yang dikemas dengan menarik dan dicetak diatas kertas art paper secara full colour ini memuat 7 trik sulap menggunakan kartu. Di dalamnya diungkapkan rahasia sulap yang dengan cepat bisa kita kuasai. Tampaknya Bing Rahardja telah merancang langkah-langkah bermain sulap yang mudah diikuti lengkap dengan ilustrasinya. Selain itu buku ini juga menyediakan peralatan bermain berupa kartu-kartu yang merupakan bonus dalam buku ini sehingga semua triknya dapat langsung dicoba di rumah.


Karena buku ini diutujukan bagi masyarakat awam yang ingin menjadi pesulap, maka trik-trik yang dipaparkan sangatlah sederhana dan mudah untuk dipraktekkan. Namun walau semuanya tampak sederhana semua trik yang dipaparkan dalam buku ini haruslah sering dilatih agar kita bisa memainkannya dengan sempurna layaknya pesulap-pesulap senior. Misalnya sulap "Mengikuti Pimpinan " (hal 3) dimana empat kartu putih polos tiba-tiba berubah menjadi empat kartu raja, atau "Kartu Berpindah Tempat" (hal 30) dimana dua lembar kartu Raja Hati dan Raja Wajik saling berpindah tempat. Ingin berlagak seperti seorang mentalis yang dapat membaca pikiran seperti Dedy Corbuzier ?, kita dapat mencoba triknya dengan cara tiga lembar kartu bergambar lingkaran dengan tiga warna berbeda diletakkan diatas meja. Lalu penonton memilih salah satu kartu dan kita dapat dengan tepat menebak/memilih kartu yang dipilihnya.(hal 7)


Selain ketujuh trik sulap, di akhir buku ini Bing Rahardja juga memberikan 10 aturan etika dan etika yang perlu diketahui oleh mereka yang ingin menjadi pesulap, antara lain; seorang pesulap harus mencintai sulap sebagai sebuah seni dan tidak sekedar alat untuk memamerkan diri karena hal ini dapat menghancurkan citra pesulap. Hargailah penonton, jangan remehkan penonton karena sulap memerlukan penonton. Pilihlah permainan yang sesuai dengan karakter kita dan tampilkan secara wajar. Selalu tersenyum kendati kadang trik yang disajikan mengalami kegagalan, berusahalah menemukan jalan keluar jika penyajian sulap tidak seperti yang diharapkan, dll.


Apa yang disajikan oleh Bing Rahardja dalam buku ini memang merupakan trik-trik sulap sederhana. Namun dibalik semua itu buku ini memberikan arti dan manfaat yang baik bagi siapapun yang ingin mengenal dunia sulap untuk pertama kalinya. Tak berlebihan kalau buku ini dikatakan sebagai pintu bagi seseorang untuk memasuki dunia sulap.


Sayang buku yang dikemas secara mewah dengan halaman-halaman full colour yang dicetak diatas kertas art paper ini membuat buku ini menjadi relatif mahal untuk ukuran buku setebal 35 halaman plus bonus kartu permainannya. Saya khawatir peminat buku ini akan terganjal untuk membelinya begitu melihat bandrol buku ini. Padahal buku ini bisa lebih disederhanakan. Karena tak ada ilustrasi foto, seperti layaknya buku-buku desain atau masakan rasanya tak perlulah buku ini dikemas secara full colour di halaman dalamnya, dengan demikian harga buku ini bisa lebih terjangkau oleh masyarakat luas.


Terlepas dari semua itu, tentunya kita berharap Bing Rahardja tak berhenti membagikan ilmunya hanya di buku ini saja. Semoga di kemudian hari ia akan mengulas sulap dalam berbagai jenisnya, termasuk beragam aspek dan permasalahannya yang begitu luas.


Bing telah membagikan trik-trik sulap kartunya yang sederhana. Namun bukan berarti ia membagikan sesuatu yang tak berarti. Sesuatu yang diawali dengan yang sederhana bukan mustahil melahirkan sesuatu yang luar biasa. Siapa tahu melalui buku ini kita terilhami untuk menjadi seorang pesulap dan kelak menjadi seterkenal David Copperfield atau Deddy Corbuzier. Semua itu mungkin dan tidak mustahil. Karenanya cobalah untuk mencoba semua trik-trik sulap yang terdapat dalam buku ini dan ABRAKADABRA ! jadilah anda seorang pesulap.

@h_tanzil

2 comments:

Jack Delab said...

Saya setuju Mas....Oom Bing Rahardja memang kamus sulap berjalan......

Semua tulisannya tentang sulap sangat bagus dan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun....

deky pradana said...

sulap emang menyenangkan