Monday, April 20, 2009

Tak Tik Foto

Judul : Tak Tik Foto - Panduan Mengolah Foto Online
Penulis : Angel
Penerbit : Bukune
Cetakan : I, Maret 2008
Tebal : 95 hlm

Setelah Era jaringan pertemanan mewabah di internet seperti friendster, multiply, myspace, dan kini facebook, tiba-tiba saja kita seolah menjadi orang yang narsis. Masing-masing berlomba memajang foto-foto diri terbaiknya. Berharap dari foto yang menarik itu kita menjadi dikenal, mendapat kawan baru atau menemukan kembali kawan lama yang lama tak berjumpa.

Menampilkan foto diri sebaik dan seunik mungkin untuk dipajang di jaringan pertemanan kini merupakan sebuah kebutuhan utama. Tak cukup hanya satu foto, kita seolah dipacu untuk terus memperbaharui foto-foto di profil kita masing-masing. Kadang mungkin kita bosan dengan foto kita dengan gaya yang itu-itu saja. Kita ingin mengubahnya menjadi menjadi sesuatu yang unik, menarik, dan tentunya menarik banyak komentar dari teman-teman kita.

Jika demikian, maka sudah waktunya kita mengutak-ngatik sendiri foto-foto kita agar tampil lebih menarik dan unik. Bagaimana caranya? Software yang paling umum tentunya adalah Photoshop, namun untuk menjalankan software ini tidak mudah, selain harus menginstall dulu programnya, diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk menguasai Photoshop. Jadi adakah cara paling mudah untuk mengotak-ngatik foto kita?

Jawabannya ada di buku Tak Tik Foto (Panduan Mengolah foto Secara Onlen) karya Angel, seorang web designer yang juga dikenal sebagai pengelola situs www.kutukutubuku.com. Sebelum membuat buku ini, ia bersama sahabatnya Olie telah menelurkan buku sejenis yaitu : Tak Tik Blog : Cara Bikin Blog Paling Tokcer, Cepat Populer (Bukune, 2008)

Dalam bukunya ini Angel memberikan panduan praktis bagaimana mengedit foto dengan mudah melalui online photo editing. Caranya mudah, tak perlu menginstall apapun ke dalam computer kita, cukup masuk ke website yang menyediakan aplikasi photo editing, kemudian meng-upload foto baik dari computer maupun dari flickr atau facebook. Dan foto kita seketika itu juga akan siap untuk diedit (resize, crop, rotate, membuat animasi, red eye removal, menambahkan special effect, dll) dengan sangat mudah, menyenangkan, dan tentu saja gratis!.

Dari sekian banyak Online Photo Editing yang ada di internet, buku ini mengulas 6 buah oline photo editing yang saat ini populer digunakan yaitu : PICNIC LUNAPIC, SPLASHUP, FOTOFLEXER, LOONAPIC, dan MAGMYPIC. Kesemua itu dibahas satu-persatu dengan praktis dalam buku ini sehingga kita bisa belajar step by step mengolah foto online, step by step upload foto ke Fecebook, Friendster, Flickr, dan jaringan pertemanan lainnya, kita juga akan belajar menampilkan efek-efek unik yang dapat diaplikasikan ke dalam foto kita, membikin kartu ucapan, serta gambar-gambar lucu dan menarik.

Pokoknya semua menu-menu utama yang ada dalam beberapa situs photo onlen editing yang dibahas dalam buku ini dipaparkan dengan sangat jelas. Semuanya disertai dengan tampilan foto-foto seperti halnya yang kita lihat dalam layar monitor ketika kita membuka situs tersebut, hal ini tentunya membuat apa yang dipaparkan menjadi sangat mudah diikut, dipahami, dan dapat langsung dipraktekkan di komputernya masing-masing.

Karenanya bagi mereka yang gemar mengotak-ngatik fotonya agar lebih menarik dan unik, buku ini dapat dijadikan buku pegangan yang sangat praktis. Dijamin, baru beberapa halaman saja kita membaca buku ini, maka tangan kita akan segera ‘gatal’ untuk mencoba berbagai menu menarik yang ditawarkan semua situs onlen photo editing yang dibahas dalam buku ini. Melalui buku ini, kita akan memukan kesenangan baru dalam mengotak-ngatik foto-foto kita menjadi lebih indah, unik, dan lucu. Dan yang pasti kita akan semakin narsis dibuatnya…:D

@h_tanzil

3 comments:

Sidik Nugroho said...

wah, wah, wah... asyik juga nih. ubah-ubah foto, biar dilirik banyak cewek, hehe...

btw, salut nih. peresensi sekelas bung mau juga mengulas buku-buku ringan seperti ini.

salam,
~s.n~

belajar photoshop said...

Kalo buku yang dibaca diberikan ulasan, bagus buat referensi pembeli buku nantinya..

h_tanzil said...

makasih, pada prinsipnya saya bertekad untuk mengulas semua buku yang sudah saya baca. Apapun jenis bukunya, pokoknya ketika saya telah menamatkannya saya akan beri ulasan sederhananya...

semoga kerja sederhana ini bisa bermanfaat bagi semua pecinta buku..