Tuesday, February 14, 2012

Buku yang Kunanti selama 29 tahun

Buku yang Kunanti selama 29 tahun




SOE HOK GIE - Catatan Seorang Demonstran
cetakan 1, Mei 1983
LP3ES, 454 hlm


Akirnya dapat juga buku ini!. Sejak buku ini terbit tahun 1983 buku ini menjadi incaran saya, waktu itu saya masih duduk di bangku SMP kelas 1 dan sudah mulai suka buku. Saya pertama kali melihat buku tersebut di toko bukuGramedia. Entah kenapa saat itu tertarik sekali dengan buku kecil berjudul Soe Hok Gie - Catatan Seorang Demonstran (SHG-CSD) dengan cover merah itu padahal saat itu saya belum tahu banyak siapa itu Soe Hok Gie kecuali dia itu seorang demonstran'66.

Karena waktu itu saya ingin membeli buku lain, niat untuk membeli buku SHG-CSD itu harus saya pendam karena uanganya tidak cukup. Bulan-bulan berikutnya setiap jalan-jalan ke TB Gramedia saya selalu mengincar buku itu, menimang-nimang, sambil berpikir beli jangan, beli jangan... tapi entah kenapa selalu tidak jadi beli karena pada akhirnya malah membeli buku lain dan uangnya selalu tidak cukup kalau harus membeli dua buah buku sekaligus

Kejadian ini terus berulang hingga akhirnya buku SHG-CSD lenyap dari pasaran. Namun entah kenapa ingatan saya menimang-nimang buku tsb sambil berpikir penuh keraguan untuk membeli atau tidak terus membekas dalam ingatan saya.

Seiring berjalannya waktu, niat untuk mencari buku itu terlupakan hingga akhirnya di tahun 2005 muncul film Gie garapan sutradara kondang Riri Reza yang dibintangi Nicholas Saputra sebagai Gie. Dengan munculnya film Gie, ingatan saya akan buku kecil itu kembali disegarkan. Saya harus mencari buku tersebut. Sayangnya buku SHG-SCD sudah jadi buku langka dan sulit didapat di lapak-lapak buku. Kalaupun ada bukunya sudah dalam kondisi yang tidak layak dikoleksi.

Film Gie meraih sukses, nama SHG kembali dikenang orang, momen ini digunakan oleh penerbit LP3ES untuk menerbitkan ulang CSD, memang jadi diterbitkan tapi sayangnya cover bukunya diganti dengan poster film Gie seperti ini :







SOE HOK GIE
Catatan Seorang Demonstran
LP3ES, 2005
385 hlm







Saya yang tadinya berniat untuk membeli buku ini langsung membatalkannya karena covernya tidak menarik (jangan ditiru ya.. hehe) apalagi di cover edisi cover depan buku cetakan tahun 2005 itu disertakan juga iklan rokok yg merupakan sponsor utama dari film Gie sehingga terkesan sangat komersil sekali.

Perburuan saya dalam mencari buku SHG-CSD edisi lama di toko2 buku onlen yang biasa menjual buku-buku antik terus berlanjuta, sayangnya belum dapat juga, kalaupun ada keburu terbeli oleh peminat lain. Sementara mencari bukunya, saya membaca buku SHG-CSD dengan cara meminjam dari teman.

Bersyukur akhirnya pada tahun 2008 buku itu kembali diterbitkan dalam format yang kurang lebih sama dengan edisi cover filmnya namun covernya dikembalikan seperti cover edisi tahun 1983 yaitu cover nuansa merah dengan foto demonstrasi dan foto SHG yang sedang merenung di cover belakangnya. Akhirnya daripada tidak punya sama sekali buku tersebut saya membeli cetakan thn 2008 itu dan menyimpannya sebagai salah satu koleksi buku2 bertema sejarah yang saya miliki.

Namun walaupun sudah punya bukunya saya tetap mencari cetakan tahun 83 dan bersyukur akhirnya ada seorang teman di FB, seorang kolektor buku-buku lawas bermutu yang menawarkannya buku SHG-CSD edisi 1 tahun 1983. Tanpa pikir panjang saya langsung memesannya dan akhirnya buku yang saya nanti-nantikan selama 29 tahun itu bisa saya peroleh pada hari Senin (13/02/2012) kemarin, walau halamannya sudah menguning termakan usia tapi buku itu termasuk mulus dan masih layak untuk dikoleksi.

Sambil menimang-nimang buku itu dan memberi sampul plastik pada bukunya ingatan saya kembali ke 29 tahun yang silam, di toko buku Gramedia dimana saya pernah begitu mengingini buku tersebut dan selalu tidak kesampaian karena saat itu uangnya tidak mencukupi. Rasanya setengah tidak percaya kalau akhirnya saya kini bisa memilikinya.

#####






SOE HOK GIE
Catatan Seorang Demonstran
LP3ES cet 2008 & 1983









Sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 hinga kini buku ini telah dicetak sebanyak 9 kali. Apa isi dari buku ini? silahkan simak review dari Blog buku Boekoe Watjankoe disini


@htanzil

(15/02/2012)

10 comments:

ferina said...

hahaha.. cover yang baru terlalu ganteng ya, om? :D

annisa said...

Om sentimen sama Nicholas Saputra ya! Hehe.. ;p kan ganteng, kekekek..

htanzil said...

wkwkwk, kl soal ganteng sih masih gantengan aku dikit lah ya...

nannianest said...

duh..bahagianya memiliki setelah 'ngidam' 29 tahun :D

nannianest said...

duh..bahagianya memiliki setelah 'ngidam' 29 tahun :D

penjual buku dan novel luar negeri said...

saya menjual beberapa koleksi buku dan novel luar negeri contoh koleksi saya :
1. ACT & OMISSIONS NANCY KOPP : buku karya nancy kopp
pertamakali di terbitkan di amerika tahun 1994
buku ini menceritakan tentang kekejaman hukum yg ada
2. A MAN ORIANA FALLACI : pertama kali diterbitkan di Inggris 1981 oleh Bodley kepala ltd
aslinya diterbitkan di italy sebagai un oumo
Hamlyn edisi paperback 1981
hak cipta 1979 oleh Rizzoli Sp.A, milan
terjemahan cipta 1980 oleh Simon dan Schuster
sebuah divisi dari jurang dan barat korporasi
berisi 493 halaman dan menjadi buku terlaris internasional

dibuat dan dicetak di greath britian oleh cox dan Wyman
3. THE CHINESE BANDIT : buku novel karya STEPHEN BECKER
berisi 309 halaman
diterbitkan tahun 1977
dan pernah menjadi novel terlaris dengan cerita petualangan yg menegangkan dan exotis
4. outlines of chinese history : buku ini karya: li ung bing

edited by : professor joseph whiteside (soochow university)

di tambah dengan peta berwarna dan illustrasi

di terbitkan di shanghai tahun 1914

dan produk buku ini terbatas (langka)

*di indonesia ga ada

bila berminat silahkan hubungi nomor seluler saya : 085862059675
atau kirim pesan ke e-mail saya : permadi_deni@rocketmail.com

terima kasih

penjual buku dan novel luar negeri said...

saya menjual beberapa novel dan buku terbitan luar negeri klau ada yg berminat kirim pesan aja ke e-mail saya
yahoo : permadi_deni@rocketmail.com
facebook : deni permadi

Toko Buku said...

cover pernah ganti ya ternyata. thanks sharing pengalamannya

Salihin Rashid said...
This comment has been removed by the author.
Ackhamin said...

Biku nya masih ada gak yaa ? Saya juga lagi mencari nih yang cetakan 1983 yang ukuran nya sesuai dengan buku saku beliau (SHG) ..