Friday, June 29, 2012

Misteri Perawan Kubur by Abdullah Harahap

[Buku yg Sedang Kubaca] : Misteri Perawan Kubur

Judul : Misteri Perawan Kubur
Penulis : Abdullah Harahap
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Agustus 2010
Tebal : 318 hlm

Ini bukan review, karena bukunya masih sedang kubaca, tapi karena bertepatan dengan momen #postingbareng #Gothic yang diselenggarakan Blogger Buku Indonesia (BBI) maka saya akan sedikit cerita tentang fiksi gothic lokal yang sedang saya baca ini :

Ini buku pertama karya Master Horor Indonesia Abdullah Harahap (AH), dulu di tahun 80-an saya sering melihat novel2 horor karya AH dengan cover2 yang seronok sekaligus menyeramkan (umumnya bergambar wanita cantik dan mahluk berwajah seram). Walau saat itu sudah hoby baca saaat itu saya tidak berani membacanya.

Kini karya2 AH kembali muncul dan diterbitkan oleh Paradoks, salah satu imprint penerbit besar Gramedia Pustaka Utama. Awalnya waktu pertama kali karya-karya Abdullah Harahap terbit saya penasaran ingin membacanya, namun baru kali ini berkesempatan membacanya berhubung pas dengan tema posting bareng yang digagas kawan2 BBI.

Dalam novelnya ini dikisahkan hantu "Nona"/ perawan kubur yang sebenarnya merupakan hantu fiktif dari sebuah cerita bersambung (cerbung) karya Ramandita yang dimuat di sebuah koran nasional tiba-tiba muncul di dunia nyata, bertemu dengan penulisnya, bahkan sempat bercinta dengan penulisnya... ups!

Siapa sebenarnya si Nona ini? Nona adalah anak dari Larasati, dikisahkan Larasati adalah korban dari kesewenangan penduduk desa Cikalong. Ia mati dibunuh dengan kepala terpenggal karena penduduk menduga bahwa Larasati lah yang menyebabkan kampung cikalong terkena wabah penyakit yang mematikan. Saat dibunuh ternyata Larasati dalam keadaan hamil. Nah anak dari Larasati itulah yang kemudian bangkit ke dunia nyata menemui Ramandita guna mencari tahu siapa sebenarnya ayahnya dan membalas dendam kesumatnya atas kematian ibunya.

Ternyata si Nona hantu perawan ini tak hanya mencari Ramadita melainkan menebar teror dengan membunuh orang-orang yang bercinta dengannya. Akibatnya sungguh menakutkan setiap orang yang bercinta dengannya dihisapnya hingga yang tersisa hanya seonggok tengkorak dengan sedikit sisa-sisa daging berbecak darah.

Sejauh yang telah saya baca, novel ini bernuansa suram namun belum sampai membuat saya merinding kecuali membayangkan tengkorak dengan serpihan daging atas korban si perawan kubur.  Sepertinya cover novel ini lebih menyeramkan dibanding kisahnya, tapi ini baru sejauh yang telah saya baca ya, entah kalau di lembar-lembar berikutnya saya akan dibuat ketakutan membaca kisah pembalasan dendam si perawan kubur ini.

Selain kisah horor, novel ini juga menyuguhkan kisah pengungkapan misteri si Nona perawan kubur ini layaknya sebuah kisah detektif karena ada pihak kepolisian dan Ramandita si penulis yang selalu mencoba bersikap rasional dalam menghadapi hantu ciptaannya yang muncul dalam dunia nyata.

Demikian sedikit tentang novel Misteri Perawan Kubur yang masih sedang saya baca ini.


Oya, ternyata penulisnya tak kalah seram dengan karya-karyanya. 
Ini foto Abdullah Harahap dalam salah satu publikasi terkait kemunculannya kembali dalam ranah sastra gothic Indonesia :




@htanzil




13 comments:

dion_yulianto@blogspot.com said...

Kemaren di Shopping nemu buku2 beliau dan memang covernya seronok kayak gambar2 di truk itu lo. Wah ada unsur uhuk2 mengerikan juga di dalam buku-buku karya beliau. Waduh speechless

Peri Hutan said...

hehehe, foto penulisnya seram. wah baru tahu nih kalo AH master horor Indonesia, belum banyak buku horor Indonesia yg aku baca, pertama kali ya Danur Risa saraswati yang tadi ak posting bareng om :)

htanzil said...

karena dulu cover2nya seronok, di tahun 70-80 an novel2 AH ini dikategorikan sebagai novel picisan.

orybun said...

dulu pernah sekali baca novel AH tapi ya versi penerbit kecil -kecilan it dengan covernya yang minta ampun nyereminnya. sekali baca, takut sih, tapi berasa kudu nyelesein biar ga penasaran. setelah itu ga mau baca lagi. --"

Tezar said...

baru denger nama beliau akhir2 ini

Annisa Anggiana said...

Ya ampun yg ini covernya horror banget sih!! Kenapa sih hantu2 di Indonesia kebanyakan perempuan?! Hehe..

ferina said...

aduh... buku ini gak akan aku baca. gak suka horor, ditambah lagi cover-nya begitu.. aduh.. tidak... daripada mimpi buruk.. bagus kalo cuma mimpi, tapi kalo gak bisa tidur, kan makin males...

nannianest said...

Buku2 horor AH ini dulu pernah ngetop .. eh..foto AH nya memang seram juga yah hehe

Shoim said...

hehe...seru juga ceritanya

www.bukuislamkita.com
Pusat Penjualan Buku Islam Online

pijar88 said...

Salam. Ada buku horor lagi lho mas yang terbit akhir tahun 2012, judulnya "4 Tahun Tinggal Di Rumah Hantu" kebetulan saya yang nulis.. coba dilihat cuplikannya di Thread, mungkin bisa membangunkan bulu kuduk... :)

Anonymous said...

NIGHTMARE IN THE SNOWFIELDS

Kangen nggak dengan novel bergenre Horror Thriller ala R.L. Stine? Seperti Goosebumps, Fear Street, dan lainnya? Berarti kamu WAJIB baca novel yang satu ini! Novel yang berjudulkan 'Nightmare in the Snowfields' terbitan LeutikaPrio, ditulis oleh Mutiq Jujazki, dijamin nggak kalah serunya dengan novel horror thriller mancanegara lainnya. Alur cerita yang menegangkan, tata cara penulisan yang detail, diaduk dengan romansa yang hangat, membuat novel ini SUPER RECOMMENDED bagi kamu si pencinta novel. Jangan katakan kamu novel maniac kalau nggak punya novel ini. Salam seram!! info beli klik http://www.leutikaprio.com/produk/10041/novel/1307866/nightmare_in_the_snowfields/12033742/mutiq_jujazki atau bisa message ke pengarangnya. Terimakasih

joel harahap said...

novel nya ada yang versi Pdf GA..
Tolong di posting dong..
Jadi pengen nih baca novel nya..
Gimana yah jalan cerita nya..

inchioo said...

Kok gak d lanjutin sihh