Wednesday, March 06, 2019

The Little Coffee Know It All

[No. 382]
Judul Buku : The Little Coffee Know-It-All
Serba-serbi Kopi yang Harus Kamu Tahu
Penulis : Shawn Steiman
Penerjemah : Prasojo & Ining Isalyas
Penerbit : Kriya Rasa Indonesia
Cetakan : I, Januari 2019
ISBN : 978-602-53301-0-0


Buku ini berisi serba-serbi dunia kopi yang ditulis oleh Shawn Steiman, seorang doktor dalam bidang kopi,  praktisi kopi spesialiti,  konsultan kopi internasional, dan  pemegang sertifikat Q-grader.

Secara komprehensif penulis menyajikan bahasan  tentang kopo dengan cakupan yang luas mulai dari seluk beluk biji kopi  hingga ketika kopi disajikan dalam sebuah cangkir. Dalam bukunya ini penulis membagi bahasannya ke dalam empat bagian.yang masing-masing bagian berjudul;  1) Seluk Beluk Biji, 2) Menyangrai, 3) Menyeduh, 4) Di Seputar cangkir.

Walau Shawn Steiman adalah seorang ilmuwan kopi namun dalam bukunya ini ia mencoba menguraikan seluk beluk tentang kopi semudah mungkin antara lain dengan penulisan gaya F.A.Q. dimana semua judul dalam bukunya ini merupakan pertanyaan-pertanyaan  yang diantaranya  sering ditanyakan oleh para pecinta kopi dan mereka yang baru mengenal dunia kopi misalnya;
- Apa benar kopi Lanang lebih enak?
- Bagaimana cara menyimpan kopi agar tetap segar?
- Apa yang perlu saya tahu agar bisa menyangrai kopi di rumah
- Bagaimana cara bikin kopi yang paling nendang?
dll.

Pada intinya buku ini adalah buku mengenai sains kopi yang ditulis dengan gaya populer. Walau penulis sudah berusaha agar bukunya dapat dibaca dengan mudah oleh berbagai kalangan antara lain  dengan metode Q & A dan desain halaman dalam yang menarik namun jejak keilmuan Steiman tetap terlihat. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersaji di buku ini Steinman menggunakan jalur prinsip-prinsip ilmiah dan data stainstifik. Beberapa bagian malah terkesan terlalu ilmiah seperti saat menjawab pertanyaan tentang bagaimana kita mengetahui apakah kita sudah menyeduh dengan benar atau belum.

Buku ini terbit untuk pertama kalinya di Amerika di tahun 2015. Kehadiran terjemahan buku ini yang diterbikan oleh Kriya Rasa Indonesia yang masih satu atap dengan Philocoffee, toko kopi pelopor manual brewing yang sejak tahun 2010 menjual kopi speciality dan alat-alat kopi di Indonesia sangatlah tepat. Kaum urban di kota-kota  besar dan kecil di Indonesia semakin suka nongkrong dan minum kopi di cafe-cafe sehingga mendorong berdirinya cafe-cafe baru dan roaster-roaster baru yang berlomba-lomba  menyangrai dan menyajikan kopi speciality sebaik mungkin

Tidak hanya itu, kini semakin banyak orang kini  menjadi  home brewer, penyeduh kopi rumahan yang tidak hanya sekedar mengguyur kopi bubuk dengan air panas lalu meminumnya, melainkan menguliknya dengan berbagai cara agar dapat menghasilkan secangkir kopi yang enak. Dengan demikian kehadiran terjemahan buku ini sangatlah tepat bagi mereka yang ingin mengenal dan memperdalam lagi dunia kopi.

@htanzil

Bagi yang ingin melihat contoh halaman dalam dan daftar isi buku ini silahkan klik IG sy di sini

1 comment:

Fateh said...

Kayaknya ini cocok banget buat temen gua yang ngakunya pecinta kopi lah, penikmat kopi lah, tapi yang dipesen selalu kopi susu atau cappuccino. Hmm, jadi jengkel sendiri, wkwkwkw gak tau sejarah kopi dan seluk beluknya ngaku-ngaku pecinta kopi.

Salam, Kreta Amura