Thursday, December 01, 2005

Dunia Yang Dilipat : Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaaan



Dunia Yang Dilipat : Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaaan
Yasraf Amir Piliang, Jalasutra 2004

Dunia kini memasuki suatu realitas baru, realitas yang tercipta akibat pemadatan, pemampatan, peringkasan, pengecilan, dan percepatan dunia. Semua ini adalah sebuah dunia yang dilipat, yang didalamnya berbagai sisi dunia tampil dengan wajahnya yang baru. Ensiklopedi puluhan jilid yang memenuhi lemari buku kini dapat dipadatkan dalam satu CD, menulis surat ke luar negeri yang dulu memakan waktu berbulan-bulan kini dapat diperpendek dalam hitungan detik lewat e-mail.

Buku ini mencoba mengungkap cermin dari dunia yang telah melampuai batas-batas yang seharusnya tidak dilaluinya, yang menciptakan sebuah wajah baru kebudayaan yang tak terbayangkan, tak terpikirkan, dan tak terimajinasikan sebelumnya.
Pada tahun 1998 buku ini pernah diterbitkan oleh Penerbit Mizan dan langsung mendapat banyak sambutan serta memberikan banyak inspirasi bagi peminat cultrural studies. Kali ini Penerbit Jalasutra menerbitkannya kembali dengan tambahan berbagai tulisan baru sehingga membuat buku ini tetap relevan hingga kini.

@h_tanzil
Dimuat di djakarta! magazine ed...

2 comments:

Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP »

Anonymous said...

lam kenal maua beli buku tersebut ada dimana ya(domisili saya di padang) zaleoke@gmail.com