Thursday, December 01, 2005



Lubang Dari Separuh Langit
Afrizal Malna, AKY Perss, 2004

Afrizal Malna dikenal sebagai seorang penyair terkemuka Indonesia yang puisi-puisi, prosa dan essai-essai seninya telah diterbitkan, selain itu ia juga banyak menulis teks pertunjukan teater, dan aktif mengikuti berbagai kegiatan seni baik di dalam maupun luar negeri. Kini Ia bergabung dalam kegiatan Urban Poor Consortium (UPC) yang dikomandoi oleh Wardah Hafid.

Novelnya kali ini menceritakan seorang pria yang telah menjalani kehidupannya selama 40 tahun dan memiliki kegemaran mengumpulkan potongan kukunya dalam sebuah stoples. Suatu ketika pria tersebut tiba-tiba berubah menjadi seorang wanita. Dengan tubuh barunya tersebut ia tinggal di dekat perumahan kumuh disebuah bantaran sungai. Kehidupan di sekitarnya membuat dia menyaksikan realita yang dialami penduduk miskin di sekitar tempat tinggalnya.

Novel ini sarat dengan gambaran ketakberdayaan masyarakat miskin kota dan kritik sosial sehingga membuat pembaca dapat mengetahui apa yang sebenarnya dialami dan dirasakan lapisan masyarakat bawah yang selalu ‘kalah’ tapi tak pernah menyerah berjuang untuk mempertahanka hidupnya.

@h_tanzil
dimuat di djakarta! magazine

No comments: