Friday, April 20, 2007

3 menit Belajar Pengetahuan Umum










Judul Seri : 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum
Penulis : Kim Seok-Ho
Ilustrator : Kim Seok Cheon
Pengalih Bahasa : Retno Dewi R.
Penerbit : BIP (PT. Bhuana Imu Populer)
Cetakan : 2007

Anak-anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar dibanding orang dewasa. Mereka kerap bertanya akan apa yang mereka lihat, amati dan rasakan. Tak jarang keingintahuan itu membuat mereka penasaran dan selalu ingin memperoleh jawaban yang memuaskan pada saat itu juga.

Sebagai orang tua, tentunya kita bangga akan pertanyaan-pertanyaan kritis yang diajukan oleh anak kita. Namun tak jarang pertanyaan-pertanyaan itu membuat kita kebingungan untuk menjawabnya atau menjawab apa adanya hingga akhirnya menyisakan ketidakpuasan pada diri anak-anak kita.

Untunglah kini ada sebuah buku berseri yang diperuntukkan bagi anak dan orang tua yang mencoba menjawab rasa ingin tahu anak-anak akan berbagai hal. Buku yang diberi judul 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum ini disajikan dalam bentuk komik yang menarik. Seri ini dibuat dalam 5 buku yang masing-masing buku memuat 3 buah topik utama.
- 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum : Dinosaurus, Binatang, Serangga
- 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum : Alam Semesta, Bumi, Samudera
- 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum : Tokoh Penemu, Tubuh Kita, Lingkungan
- 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum : Makanan, Kesehatan, Olahraga
- 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum : Iklim, Uji Coba, Fakta Unik.

Tiap bukunya memuat lebih dari 70 fakta yang setiap judulnya selalu merupakan kalimat tanya.

Karena buku ini diperuntukkan bagi anak-anak, buku yang digarap oleh penulis dan ilustrator Korea (Kim Seok-Ho dan Kim Seok Cheon) ini dibuat dengan sangat menarik. Garis-garis gambarnya bersih dan dipulas dengan warna-warni yang menarik.
Setiap judul habis dalam 2 halaman saja, ditulis dengan kalimat-kalimat yang singkat dan mudah dimengerti oleh seorang anak yang telah bisa membaca hingga orang dewasa.

Untuk menarik minat anak-anak, buku ini memiliki 3 tokoh utama :

- Ding Dong, siluman kecil yang tinggal bersama Paman Penyihir. Penuh rasa ingin tahu, suka hal-hal baru, juga sangat suka makan.


- Paman Penyihir, Penyihir yang tinggal di desa siluman.






, dan Pinggu, Penguin yang tinggal di Desa Penyihir.

Selain ketiga tokoh diatas ada juga beberapa tokoh tambahan sesuai dengan judul serinya.
Melalui tokoh-tokoh tersebut anak-anak akan diajak menemukan fakta-fakta menarik tentang berbagai hal sesuai dengan judul bukunya. Karakter, tingkah laku, dan dialog tokoh-tokohnya dibuat dengan lucu. Kelucuan dialog mereka dalam komik ini tanpa terasa telah memberikan jawaban, membuat anak-anak mendapatkan pengetahuan dan juga membuat orang dewasa menemukan kembali sifat anak-anaknya sambil menyelami ilmu pengetahuan.

Selain itu di setiap akhir per judulnya terdapat kolom khusus yang berisi penjelasan ilmiah dari kisah komiknya. Namun sekali lagi penjelasan ilmiahnya pun dibuat dengan sederhana dan mudah dimengerti baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Walau dikhususkan untuk anak-anak, namun tak dapat dipungkiri bagi orang dewasa pun buku ini sangat menarik dan memberikan fakta-fakta di sekitar kita yang mengejutkan dan mungkin selama ini tidak pernah kita ketahui. Misalnya dalam buku seri : Dinosaurus, Binatang, Seranga. Pada judul : “Apakah Ikan Bisa Mendengar ?” kita akan memperoleh fakta bahwa ikan juga memiliki telinga tersembunyi. Bahkan dibanding dengan manusia, ikan lebih peka daripada suara. Atau pada Judul “Serangga Apa Yang paling Panjang Umurnya ?”, kita akan memperoleh fakta bahwa seekor kumbang pernah didapati hidup hingga usia 47 tahun !!!

Pada buku seri : Makanan, Kesehatan, Olah Raga ada juga fakta menarik yang mengungkap bahwa tomat sebaiknya tidak dimakan dengan gula karena akan mengganggu penyerapan nutrisi, lalu ada pula hal yang mungkin mengejutkan sebagian orang yaitu sebaiknya setelah makan kita tidak langsung minum karena air akan melemahkan fungsi enzim pencernaan.

Masih banyak hal-hal menarik lainnya misalnya, mengapa kalau kita capek bsia sariawan?, mengapa dokter menyuntik di pantat, dll. Selain itu pada buku iklim, uji coba, fakta unik terdapat aneka uji coba ilmiah yang bisa dipraktekkan di rumah seperti mengangkat es dengan benang, memasukkan telur ke botol, menulis dokumen rahasia, dll.

Yang mungkin agak mengganjal terdapat pada bahasan mengenai makanan, karena buku ini ditulis oleh orang Korea ada beberapa makanan yang mungkin terasa asing ditelinga kita seperti kimchi, jang-jang myun, dll

Melihat keunikan dan kandungan pengetahuan yang beragam di buku ini, tak berlebihan rasanya jika Buku ini menjadi buku yang dianjurkan dimiliki oleh setiap keluarga. Terlebih bagi keluarga yang memiliki anak-anak. Setidaknya buku ini membantu orang tua untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit yang diajukan oleh anak seputar pengetahuan umum. Karena kemudahan kalimat dan gambar-gambarnya yang menarik buku ini bisa diberikan pada anak TK hingga SMP, bahkan orang dewasa pun rasanya masih pantas mengoleksi buku ini.

Melalui buku ini, ilmu pengetahuan akan menjadi sangat menarik dan terasa bukan sebagai sesuatu yang rumit. Buku ini mengungkap semua yang berhubungan dengan keseharian kita dimana kita sebenarnya selalu bersentuhan dan belajar dari pengalaman mengenai pentingnya ilmu pengetahuan. Dan buku ini mengajak pembacanya untuk merasakan berapa menariknya ilmu pengetahuan !

@h_tanzil

4 comments:

Kobo Chan said...

Ku sudah mencoba mencari seri ini
di toko buku dikotaku
namun tak juga ketemu.....

friendship said...

coba cari di gramedia or gunung agung kobo :) kalo di bandung, aku liat di dua toko buku itu. eh..di kurnia agung sama toko buku2 di bndg lainnya juga ada :) harganya kalo gak salah satu serinya 55/60 ribu gitu :) kertasnya baguuus dan tebel :) aku udah punya koleksinya lengkap :)

akbar said...

aku sudah punya semua serinya.
sangat seru dan lucu juga untuk mendidik anak,aku paling suka seri iklim,uji-coba,dan fakta unik

imam ciprut said...

Keren sob

www.kiostiket.com