Monday, September 10, 2007

Menerbitkan Buku Itu Gampang

Judul : Menerbitkan Buku Itu Gampang (Panduan Langkah-langkah Penerbitan Buku untuk Pemula)
Penulis : Jonru
Penerbit : www.NaskahOke.com
Cetakan : I/ edisi gerilya
Tebal : 98 hal ; 29,5 x 21
Harga : Rp. 29.000,-


Hampir setiap penulis menginginkan karya-karyanya diterbitkan ke dalam sebuah buku, namun “Bagaimana cara menerbitkan sebuah buku ?”, “Saya punya naskah novel. Siapa yang harus saya hubungi?”, “Bagaimana prosedur untuk menerbitkan sebuah buku?”, rasanya itu adalah pertanyaan umum yang selalu muncul ketika seorang penulis berniat untuk membukukan karyanya.

Jonru, yang namanya sudah kesohor di dunia internet sebagai pengelola situs www.PenulisLepas.com tak luput dari sasaran pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Ia yang sedikit banyak telah mengetahui seluk beluk dunia penerbitan buku merasa perlu untuk memberikan jawaban yang detail. Mulanya ia menjawabnya dalam situsnya, namun lambat laun ia merasa semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas perlu dibahas secara komprehensif kedalam sebuah buku yang memungkin lebih banyak lagi orang yang dapat membacanya.

Atas dasar pemikiran seperti itulah, akhirnya Jonru menerbitkan sebuah buku yang diberinya judul “Menerbitkan Buku Itu Gampang” secara self publishing. Bukunya terbit dan disebarluaskan secara gerilya melalui internet dan disajikan dalam format folio, difoto copy dan dijilid secara sederhana seperti sebuah diktat kuliah.

Buku ini terdiri dari IV bagian besar yang disusun secara runut mulai dari Menawarkan Naskah ke Penerbit, Menerbitkan sendiri, Alternatif-alternatif lain, dan Hal –Hal Umum. Intinya buku ini berbicara mengenai tiga cara menerbitkan buku; menerbitkan buku secara konvensional, self publishing atau menerbitkan sendiri, dan alternatif-alternatif lain dalam menerbitkan buku.

Sesuai dengan judulnya, tampaknya penulis ingin agar pembaca buku ini memiliki keyakinan bahwa menerbitkan buku itu tidak susah dan itu dibuktikannya sendiri dengan terbitnya buku ini secara self publishing. Sebelum memasuki bab pertama, buku ini menyajikan bab pendahuluan yang berjudul “Penerbit Bukan Moster Jahat. Di bagian ini pembaca akan disuguhkan paradigma baru. Kita sering menganggap bahwa penerbit adalah perusahaan yang kejam dan sombong sehingga belum apa-apa kita merasa minder dan ‘kecil’ ketika berurusan dengan penerbit. Karenanya di bagian ini pembaca akan disadarkan bahwa anggapan itu tidak benar karena sesungguhnya kedudukan antara pengirim naskah dan penerbit adalah sederajat dan saling membutuhkan. Penerbit membutuhkan penulis dan naskah-naskah baru sebagai bahan baku mereka dalam berproduksi, sedangkan penulis membutuhkan penerbit untuk membukukan karyanya. Jadi tidak ada alasan bagi penulis untuk minder dihadapan penerbit.

Setelah diberikan paradigma baru, barulah pembaca akan dituntun untuk melihat hal-hal praktis bagaimana sebuah naskah akhirnya menjadi sebuah buku. Di bagian pertama pembaca akan diberi informasi bagaimana mengirim naskah, mempelajari karakter penerbit, kelengkapan naskah, kiat memilih penerbit, hingga pembahasan soal perjanjian dengan penerbit beserta cara perhitungan royalti. Intinya semua hal dan semua tahapan yang harus dilalui oleh penulis ketika memutuskan untuk menyerahkan karyanya ke pihak penerbit tercakup dalam bagian pertama buku ini.

Di bagian kedua, buku ini menyajikan alternatif kedua dalam menerbitkan buku, yaitu self publishing atau menerbitkan sendiri. Jika kita memilih menebitkan karya kita melalui penerbit profesional maka kita hanya perlu mengirim naskah dan menunggu hingga karya kita diterbitkan. Sedangkan jika kita memilih untuk menerbitkan buku sendiri maka ada banyak hal yang harus dikerjakan. Bagi penulis yang menyukai tantangan, pilihan untuk menerbitkan sendiri karyanya menjadi sesuatu yang mengasyikan. Selain itu ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika kita menerbitkan sendiri karya kita dibanding menyerahkannya pada penerbit. Walau tidak memperoleh royalty, kita mendapat keuntungan/laba dari penjualan buku kita sendiri, selain itu jalur distribusi lebih varitif sesuai dengan keinginan dan isntuisi kita kemana buku-buku tersebut akan didistribusikan.

Di bagian ini, kita akan memperoleh berbagai hal yang perlu kita persiapkan untuk menerbitkan buku sendiri antara lain, mengukur seberapa tinggi nilai jual buku kita, pendanaan, proses penerbtian buku, kiat memilih percetakan, perizinan, ISBN dan nama penerbit. Karena proses penerbitan buku dalam self publishing sangat penting, maka buku ini memaparkan berbagai hal yang mendetail yang dimulai dari konsep produksi, langkah-langkah dalam penerbitan buku, proses produksi (proses penerbitan, proses pracetak,proses cetak) hingga proses distribusi dan promosi.

Selain menyerahkan karya kita ke penerbit profesional atau menerbitkan sendiri (self publishing), buku ini juga menyajikan alternatif-alternatif lain dalam menerbitkan buku misalnya gabungan antara dua cara di atas seperti biaya penerbitan ditanggung penulis dan penerbit secara patungan, penerbit hanya bertugas sebagai pelaksana produksi, atau menerbitkan sendiri buku kita dengan meminjam nama penerbit, dll.

Di bagian akhir, buku ini juga menyertakan lampiran contoh surat perjajian penerbitan buku dan contoh synopsis novel yang tentunya sangat bermanfaat untuk diketahui jika kita hendak menerbitkan karya kita ke penerbit professional.

Kesimpulannya, buku ini adalah buku yang lengkap dalam membahas mengenai langkah-langkah dalam menerbitkan sebuah buku. Buku ini ditulis dengan gaya personal dengan menggunakan sapaan ‘saya’ dan ‘kamu’ sehingga pembaca buku ini merasa seperti sedang berdialog dengan penulisnya. Kalimat-kalimatnya mudah dimengerti, tidak bertele-tela, ringkas, padat, dan langsung menuju sasaran. Buku ini tidak menyuguhkan teori-teori mengenai menerbitkan buku melainkan langsung berbicara dalam tatanan langkah-langkah praktis dan komprehensif akan apa yang harus dilakukan untuk menerbitkan buku.

Pengalaman penulis yang telah banyak makan asam garam di dunia publishing kentara sekali dalam buku ini, terlihat jelas semua pengalaman itu tertuang dalam buku ini sehingga buku ini kaya akan hal-hal atau kasus-kasus yang mungkin akan kita hadapi jika kita hendak membukukan karya kita..

Walau Buku ini hanya dicetak melalui mesin foto copy, namun karena kualitas foto copynya baik dan tajam, maka buku ini tetap enak untuk dibaca. Selain itu, buku ini juga dihiasi oleh puluhan ilsutrasi yang menarik dan pas dengan apa yang sedang dibahas di tiap halamannya. Tampaknya pemilihan ilustasi dalam buku ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh sehingga antara isi buku dan ilustasinya menjadi kesatuan yang utuh, hidup, dan menarik

Yang mungkin agak disayangkan adalah pemilihan format buku dengan ukuran folio dan dijilid secara sederhana seperti diktat kuliah/seminar. Hal ini tentu saja mengurangi kenikmatan membacanya karena berat dan agak sukar dibawa-bawa. Mungkin ini untuk menyiasati biayanya. Namun saya rasa jika buku ini difoto copy dengan format buku, maka buku ini akan lebih menarik lagi. Melihat isi buku ini yang sangat bermanfaat, saya rasa pembaca buku ini rela membayar harga yang sedikit lebih mahal asalkan format buku ini diubah menjadi lebih handy.

Terlepas dari hal kemasan buku, buku ini saya rasa sangat bagus dibaca oleh para penulis baik yang ingin menerbitkan bukunya ketangan penerbit maupun mereka yang ingin menerbitkan bukunya sendiri. Buku ini bisa dijadikan buku panduan yang lengkap dan sangat pantas dijadikan buku yang wajib dibaca bagi mereka yang ingin memahami tentang seluk beluk penerbitan buku yang sebenarnya.

Buku ini tampaknya mendapat apresiasi yang sangat baik dari pembacanya, terbutki walau diterbitkan secara gerilya, dalam waktu dua hari saja buku ini telah terjualnya sebanyak 20 eks. Tampaknya sudah saatnya buku ini diterbitkan secara professional dan dicetak secara masal, agar lebih banyak lagi pembaca yang merasakan manfaat dari isi buku ini.

Untuk memperoleh buku ini silahkan browsing ke http://www.naskahoke.com/mbig

@h_tanzil

5 comments:

Hartati Nurwidjaya said...

Yth Pak Tanzil

Resensi yang komplit, tetapi mengapa cover buku belum disenggol?

Apakah dalam resensi masalah cover tidak dibahas?

Wassalam

h_tanzil said...

oke..oke..bisanya kalau covernya bagus banget atau jelek banget baru saya komentarin...

Deni Chan said...

waah terbitannya msih grilya yah ...
trus buat dapetin bukunya gimana?

h_tanzil said...

Untuk memperoleh buku ini silahkan klik ke http://www.naskahoke.com/mbig

cewek 085292774182 said...

gw cewek callme 085292774182