Tuesday, December 23, 2008

10 + 2 BUKU YANG KUPILIH 2008
















10 + 2 BUKU YANG KUPILIH 2008


Ini dia 5 buku fiksi dan 5 buku non fiksi yang menjadi Buku Pilihan 2008.
(urutan berdasarkan alvabet)

Buku Fiksi
1. A. Thousand Splendid Suns – Khaled Hosseini (Qanita )
2. Bulan Jingga dalam Kepala – M. Fadjroel Rachman (Gramedia, 2007 )
3. Janda dari Jirah – Cok Savitri (Gramedia, 2007 )
4. Lanang – Yonathan Raharjo (Penerbit Alvabet, 2008)
5. Lolita – Vladimir Nobakov (Penerbit Serambi, 2008)

Buku Non Fiksi
1. Di negeri Penjajah – Harry A. Poeze (KPG, 2008)
2. Kearifan Pelacur – Elizabeth Pisani (Penerbit Serambi, 2008)
3. Lekra Tak Membakar Buku – Rhoma Dwi Aria Y & Muhidin M. Dahlan (Merakesumba, 2008)
4. Menyusuri Lorong-lorong Dunia 2 – Sigit Susanto (Insist Press, 2008)
5. The 7 Laws of Hapiness – Arvan Pradiansyah (Kaifa, 2008)

Buku-buku yang kupilih diatas biasanya adalah buku-buku yang membuat wawasanku terbuka dan meninggalkan kesan yang dalam karena aku mendapat sesuatu yang ‘baru’ dalam kandungan buku tersebut. Berikut adalah komentar singkatku atau mungkin bisa disebut sebagai pertanggungjawabanku atas buku-buku yang kupilih

A Thousand Splendid Suns, selain kisahnya yang menarik, di novel tersebut aku belajar mengenai sejarah berganti-gantinya kekuasaan di Afghanistan yang selalu diwarnai oleh kekerasan.

Bulan Jingga dalam kepala membuatku memahami apa kira-kira isi kepala seorang aktifis mahasiswa, dialog-dialog dalam novel tersebut membuat wawasanku terbuka soal keyakinan politik dari tokoh yang diceritakannya.

Janda dari Jirah, walau terbit pada pertengahan 2007, namun buku ini baru sempat kubaca dan isinya memutar balikkan sosok calon arang yang selama ini kukenal.

Lanang – Yonathan Raharjo walau kisah utamanya terlalu fantasi bagiku, novel ini kupilih karena latar novel ini membuatku memahami mengenai dunia rekayasa genetik yang hingga kini terus dikembangkan bagi kesejahteraan umat manusia.

Lolita – Vladimir Nobakov memang bukan novel yang mudah dicerna, tapi aku terkesan membacanya, karena pergolakan batin tokoh-tokoh utamanya tereksplorasi dengan sangat baik.

Di negeri Penjajah – Harry A Poeze, merekam suka dan duka orang-orang Indonesia yang merantau ke negeri Belanda di saat bangsa mereka sedang berada dalam penjajahan Belanda selama 350 tahun. Orang-orang Indonesia yang terekam itu bukan saja dari kalangan bangsawan, melainkan juga pembantu dan budak. Buku ini sangat menarik karena dilengkapi foto-foto dan bebagai dokumen yang menarik.

Kearifan Pelacur – Elizabeth Pisani membuatku memahami dunia HIV lebih dalam lagi.

Lekra tak Membakar buku – Rhoma Dwi A & Muhidin MD, kupilih karena buku ini membuatku memahami bahwa sepak terjang Lekra tak sekedar berpolemik dengan Manikebu seperti yang selama ini dikenal, namun LEKRA telah banyak melakukan kegiatan berkebudayaan pro rakyat yang ternyata beberapa program kebudayaan mereka masih sangat relevan dengan kondisi sekarang.

Menyusuri Lorong Dunia 2 – Sigit Susanto membuatku mengenal kondisi dan kultur negeri-negeri asing beserta sastrawan dan karya-karyanya.

The 7 Laws of Hapiness – Arvan Pradiansyah mengajari untuk bagaimana aku memilih pikiran dan bagaimana aku harus mengisi pikiranku dengan hal-hal positif agar hidupku bahagia.

Sebenarnya ada dua buku yang sedang kubaca namun belum tuntas, jadi tak kumasukkan dalam daftar buku yang kupilih, sejauh yang telah kubaca kedua buku tersebut membuatku terkesan dan mungkin akan merupakan calon buku yang kupilih tahun 2009 nanti.

Kedua buku tersebut yaitu :
1. Jenghis Khan – John Mann (Penerbit Alvabet,2008)
2. Road to Cana – Anne Rice (Gramedia Pustaka Utama, 2008)

Jenghis Khan membuatku mengerti sejarah mengenai sang penakluk lagendaris, tampaknya penulis buku ini tidak hanya menulis buku berdasarkan riset pustaka semata melainkan berdasarkan pengamatan dan pengalamannya langsung ke tempat-tempat Jenghis Khan pernah hidup.

Road To Cana merupakan fiksi yang menarik karena kehidupan Yesus dikisahkan dan difiktifkan, Anne Rice mencoba mengisahkan kehidupan Yesus sebelum ia memulai pelayanannya pada publik. Walau berada dalam jalur fiksi novel ini tetap setia pada kerangka injil. Anne Rice hanya mencoba menggali kira-kira apa yang dipikirkan dan dirasakan Yesus dalam sebagai manusia.

Mungkin ada buku-buku menarik yang baru-baru ini terbit yang sebenarnya telah kumiliki dan berpeluang menjadi BUKU YANG KUPILIH, misalnya : Maryamah Karpov (Andrea Hirata), The Last Cuncubine (Lesley Donwer), A Tree Cup of Tea (Greg Mortenson) , The Glass Palaces (Amitav Ghoss), dll, tapi karena buku-buku itu belum terbaca mungkin buku-buku itu akan masuk dalam daftar tahun 2009 yang akan datang.

@h_tanzil

4 comments:

trian said...

Maryamah Kapov masuk mas??

n. mursidi said...

wah, kalau aku disuruh pilih sepuluh buku bagus di tahun 2008, mungkin kepalaku pusing.... sebab, aku lupa dg buku2 yang sdh kubaca! (bercanda) he 3x selamat tahun baru, om

mina said...

tak ada satu pun buku yang sudah kubaca hehehe.... tapi ATSS dan Janda dari Jirah sudah punya.

sommerset said...

This site is..wow..
I'll use this site a lot