Tuesday, January 31, 2012

Kado dari My Secret Santa!

Kado dari My Secret Santa!

Bulan Desember 2011 yang lalu para BBI-ers (sebutan untuk para Blogger Buku Indonesia) menggelar sebuah proyek berbagi untuk para BBI-ers. Proyek yang digagas oleh beberapa teman BBI ini sangat unik karena kita diajak untuk berbagi kado buku pada peserta proyek ini. Sebutlah nama proyeknya ini Secret Santa!

Dinamakan Secret Santa karena setiap peserta yang ikut dalam proyek ini diharuskan menjadi Santa yang memberi kado buntelan (buku tentunya) kepada peserta lain dengan cara diundi oleh salah seorang peserta yang menjadi 'admin'-nya. Uniknya setelah hasil undian keluar maka masing-masing peserta diharuskan merahasiakan kepada siapa dia harus memberi kado, jadi hingga kado itu sampai ke tangan penerima semua peserta proyek ini tidak tahu menahu siapa yang menjadi 'Santa'-nya :)

Dengan demikian semua peserta akan menduga-duga siapa yang menjadi Santa-nya dan apa kado yang diberikan oleh Santa-nya. Peraturan lainnya adalah setelah menerima kado dari Santa-nya masing2, semua peserta juga diharuskan merahasiakan siapa yang menjadi Santa-nya hingga hari ini (31 januari 2012) yang merupakan hari kesepakatan untuk posting bersama review buku kiriman Santa-nya masing-masing sekaligus membuka identitas siapa yang menjadi Santa-nya :)

Nah, kado apa yang diberikan oleh Santa-ku yang baik hati dan siapa yang menjadi Santa-ku???? Sebelumnya mohon maaf kepada teman2 terutama kepada Santa-ku yang baik hati karena saya tidak sempat membaca buku dan membuat review-nya. Masalahnya banyak sekali hutang buntelan yang harus kubaca dan kureview, maka dengan tanpa mengurangi rasa terima kasih pada Santa-ku, izinkan saya hanya memposting kado yang diberikannya padaku. Review-nya terntu saja akan saya buat setelah saya membaca bukunya.

Kado buku apa yang diberikan oleh Santa-ku? Santa-ku memang super duper baik hati, dia menghadiahiku dua buah buku yang salah satunya memang menjadi wishlist-ku. Ini dia bukunya.


Ya, dua buah buku sastra! Satu buku memang menjadi wishlist-ku selama ini yaitu, buku kumpulan cerpen karya Leo Tolstoy (1828-1910) berjudul "Dimana Ada Cinta Di Sana Tuhan Ada" yang berisi 5 cerpen terbaiknya. Tolstoy adalah sastrawan Rusia terbesar yang berpengaruh luas dalam peta sastra dunia. Ia seorang pemikir sosial dan moral terkemuka pada masanya. Karya-karyanya bercorak realis dan bernuansa religius yang sarat dengan perenungan moral dan filsafat.

Satu lagi adalah novel karya sastrawan asal Kuba Aljero Carpienter (1904-1980). Ia adalah sastrawan yang juga kritis terhadap kondisi politik dan kebudayaan di negerinya. Aktivitas politiknya membuat ia dijebloskan ke penjara pada 1927 karena ikut menandatangani manifesto Cuban Minority Group yang mendahului munculnya revolusi Kuba. Dalam bidang sastra, bersama Jorge Louis Borges dan Miguel Angel Asturias, ia dianggap sebagai pelopor sejenis aliran realisme magis yang memicu kebangkitan sastra Amerika Selatan di abad ke 20.

Terima kasih Santa-ku!, dua buku itu 'gue' banget!, pasti akan jadi koleksi berhargaku dan akan kusimpan baik2 di rak buku sastra klasik-ku :). Oya tak hanya itu saja, Santa-ku juga memberikan sebuah pembatas buku berbentuk wayang dan di halaman pertama buku Tolstoy yang dia kirimkan padaku, ada sebuah pesan darinya sbb :



Ups! maaf, identitas Santa-ku tertutup oleh pembatas buku wayang! , jadi siapa yang menjadi Secret Santaku????? Ini dia Santaku yang baik hati...





Loh, koq mata, hidung, dan mulutnya ditutup kertas putih?
Siapa dia??







Nah, biar seru, kita main tebak-tebak buah manggis yok! siapa yang berhasil menebak, akan memperoleh buku ini :


komik terbaru Benny Racmady berjudul
Tiga Manula Jalan2 ke Singapura
,
kl baca komik ini dijamin akan ketawa-ketiwi sendiri.



Kirimkan jawaban siapa Santa-ku itu di kolom komentar postingan ini. Jawaban yang benar akan saya undi dengan mesin pengundi tradisional berupa gulungan kertas yang dimasukkan dalam gelas seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu arisan :)

Jawaban paling lambat dikirim hari ini, Selasa, 31 Januari 2012 pkl. 24.00 wib dan siapa pemenangnya akan dimumumkan pada hari rabu, 1 Februari pkl. 09.00 wib di akhir postingan ini.

Demikian, tentang Kado dari My Secret Santa, semoga bermanfaat.


@htanzil

Pengumuman Pemenang Kuiz Tebak Secret Santa.

Berdasarakan undian yang dilakukan secara tradisional dengan menggunakan kertas gulung berisi nama-nama perserta quiz yg menjawab dgn benar maka dengan ini ditetapkan pemenangnya adalah


Sdri. Inge.





Selamat untuk Non Inge, anda berhak mendapat sebuah buku Tiga Manula Jalan2 ke Singapura by Benny Rachmady. Mohon DM alamat kirimnya ke twitter @htanzil atau email ke htanzil@gmail.com

Jadi siapa sebenarnya secret santaku ?
Semua menjawab dengan benar, ya dia adalah




DION YULIANTO, penulis, editor,
blogger buku, si raja galau,
raja buntelan, penimbun buntelan,
dan seabreg gelar lainnya.







Terima kasih untuk Dion yang sudah menjadi Santa-ku kali ini, semoga Dion bisa selalu menjadi santaku di setiap saat ya... :)

16 comments:

Fanda said...

Wkwkwkwk.... Kurang tulisan di bawah fotonya: MOST WANTED! Udah jadi kayak kriminal dah... *ups..peace yah santanya rahib!*

Aleetha said...

hihihi. Ngakak liat foto digituin. Tapi aku tahu aku tahu siapa dia
Dari tulisan tangan dan bookmark wayangnya.
Dan siapa SS rahin? tentu saja Dion Yulianto

astrid said...

hahaha SS nya rahib kebetulan adalah penerima kadoku, yaitu Mister Dion Yulianto =D CLUE nya: cengirannya (meski udah diplester tetep ajaaa kebayang-bayang hehe), bates buku wayangnya, notes di kartunya (siapa lagi yg paling demen pake istilah UPETI hahaha), daaan misuh2nya dia di FB yg bilang kalo wishlist si penerima (alias rahib) susah banget dicari =D

ferina said...

hihi.. sayang aku udah punya buku Tiga Manula.. jadi sudahlah.. gak ikutan ah kuis-nya. meskipun aku tau... siapa secret santa itu... Rahib dan Secret Santa-nya memang berjodoh :)

Inge / CyberDreamer said...

nebak-nebak : Dion Yulianto

fotonya kaya'nya pernah jadi PP si SS :)
sama dapet clue : kriminal buntelan di twitter :p

dion_yulianto@blogspot.com said...

Hahahaha aduh wajah gue (*akting iklan obat jerawat abegeh)

peri hutan said...

yub, ak menebak jg dr bang dion, soalnya ak jg lg mencari2 secret santaku dan nama dia ga ada satu pun di review lainnya :)

okeyzz said...

LOL
ya ampun itu sumpah bikin ngakak kejer, kocak bgt deh foto santanya~

Nasibmu Mas Dion, dimanapun kau berada selalu terzalimi~

Melisa said...

Huahahaha tebakanku sejak awal bener ternyata, Santanya rahib adalah Sang Raja Galau Dion Yulianto... XD
padahal aku gak tau bentuk tulisannya Dion loh, cuma nebak dari bookmark wayangnya ajah...hihihi.

psst aku gak usah diikutin dalam undian ya rahib ^^

speakercoret said...

utg ga ada cap bibirnya... kebayang kalo ada kira2 judul kuisnya apa yah? tebak bibir? the secret lips? hihihihi

Ana said...

errr... daritadi aku mau nyari cap bibir di kartu ucapannya kok ngga ada ya??

akhirnya terkuak sudah, si Dion Yulianto!

Membaca Buku said...

hehehe, si Dion yulianto tuh atuh :)

orybun said...

Arrgghh ternyata Dion jadi SS nya Oom Tanzil. hahahah.. *sempet curhat betapa susah wishlist Oom tanzil terpenuhi*

XD
*eh ketjup bibirnja tak ada? :p

Penikmat Buku said...

Gyakakakak. Biar ditutup mata, idung dan mulut udah ketauan klo itu DION

Nasipmu Le :))

arishuda said...

Gan Please Join Blog Saya
http://hack-pas.blogspot.com/

annisa said...

Ya ampun ya ampun.. Secret Santa nya om itu Dion itu kayaknya bagian dari karma kalian berdua deh, kekekek.. Tapi baik hati banget ngirim dua buku, hehe :D