Saturday, May 12, 2007

Arthur dan Suku Minimoy

Judul : Arthur dan Suku Minimoy
Judul asli : Arthur and The Minimoys
Penulis : Luc Besson
Penerjemah : Mutia Dharma
Penyunting : Maria Masniari Lubis
Proofreader : Herlina Sitorus
Penerbit : Qanita
Cetakan : I, Januari 2007
Tebal : 259 hal

Sebenarnya buku Arthur dan Suku Minimoy pemberian qanita ini sudah saya terima pada bulan Februari yang lalu. Namun baru minggu ini buku tersebut terbaca. Saat menerimanya memang saya kurang begitu antusias terhadap buku ini. Cover bukunya yang didominasi warna biru dan menggambarkan dua mahluk minimoy tak membuat saya tertarik untuk membacanya meskipun di covernya terdapat juga keterangan bahwa buku ini telah difilmkan dengan Madonna sebagai pengisi suaranya.

Ketertarikan saya terhadap buku ini timbul ketika menyaksikan preview film Arthur and The Minimoys yang diputar di Blitzmegaplex ketika saya menonton Mr Bean-Holiday bersama keluarga. Saat itu saya ingat kalau saya punya bukunya !

Kisah Arthur dan Suku Minimoy dibuat oleh sutradara dan produser kondang asal Perancis Luc Beason yang pernah membuat film The Fifth Elemen, La Femme Nikita, Joan of Arc, dll.

Di novel fantasinya ini, Besson mengisahkan seorang anak, Arthur, berusia 10 tahun yang cerdas dan kreatif. Sementara kedua orang tuanya bekerja di kota lain, Arthur tinggal bersama neneknya di sebuah kota kecil. Prof. Archibald, kakeknya yang seorang peneliti dikisahkan telah menghilang selama 4 tahun lamanya.

Dalam kesehariannya Arthur kerap berada di ruang kerja kakeknya yang berisi buku-buku, patung-patung, topeng dan artefak-artefak lain yang diperoleh Archibald selama berpetualang ke Afika. Sebelum tidur, Arthur selalu didongengi oleh neneknya. Suatu malam Arthur memilih sendiri untuk didongengi dari sebuah buku yang diambil dari ruang kerja kakeknya. Buku tersebut menarik perhatiannya karena dari letaknya seolah kakeknya sengaja menyembunyikan buku tersebut dibelakang buku lain.

Dari buku yang juga dihiasi oleh gambar-gambar itu, Arthur diceritakan kisah tentang suku Bogo-Matassalai dimana kakeknya pernah menjalin persahabatan dengan suku tersebut. Suku Bogo-Matassalai memiliki tinggi rata-rata dua meter. Selama berabad-abad mereka mencari ‘saudara-alam’ yang akan memberi keseimbangan pada hidup mereka. Setelah mencari selama tiga ratus tahun akhirnya mereka menemukan suku saudara alamnya . Suku ini disebut Minimoy yang tinginya tidak sampai dua sentimeter! Dengan perbedaan yang sangat ekstrim kedua suku itu akhirnya hidup berdampingan dan saling tolong menolong.

Archibald, kakek Arthur adalah anggota kehormatan suku Bogo-Matassalai dan Minimoy, ia banyak membantu kedua suku tersebut dengan membangun sumur2, sistem irigasi, bendungan, dll. Sebagai ungkapan terima kasih, Archibald diberi sekantung penuh batu ruby, yang ukurannya terus membesar. Batu ini kemudian disembunyikan olehnya dan hingga hilangnya Archibald, harta karun itu tak pernah diketahui oleh siapapun termasuk oleh istrinya (nenek Arthur)

Suatu saat nenek Arthur kesulitan membayar hutang pada Davido, ia diberi waktu selama tiga hari untuk melunasi hutang-hutangnya jika tidak ingin rumahnya diambil alih oleh Davido.

Arthur berniat membantu neneknya agar mereka tak kehilangan rumahnya. Ia teringat akan harta karun yang pernah diceritakan neneknya. Singkat cerita, Arthur menemukan peta harta karun milik kakeknya yang menunjukkan bahwa batu ruby itu berada di dunia Minimoy yang ternyata berada di pekarangan rumahnya. Dan iapun menduga kalau kakeknya saat ini terperangkap di dunia Mimimoy.

Berkat petunjuk peta harta karun tersebut, Arthur berhasil masuk kedunia Minimoy. Petualangan dimulai, Arthur disambut dengan baik di dunia minimoy. Raja Minimoy mengungkapkan bahwa Archibald pergi ke kota terlarang yang dikuasai oleh penyihir M (Matlazrd) dan semenjak itu tak pernah kembali. Arthur bertekad membebaskan kakeknya. Ia ditemani oleh Putri Selena dan pangeran Betameche.

Kisah Arthur dan Suku Minimoy ditulis dengan sangat menarik. Luc Besson rupanya penulis yang sangat imajinatif, apa yang tampaknya sederhana di dunia manusia menjadi hal yang menarik ketika berada di dunia mini minimoy, seperti nyamuk yang dijadikan pesawat tempur, piringan hitam yang dijadikan lantai dansa, penyiram kebun otomatis yang dijadikan alat transportasi, kelopak bunga sebagai tempat tidur, dll.

Di novel ini, pembaca akan diajak berpetualang di dunia ajaib minimoy. Serunya peperangan antara pasukan M dengan Arthur dkk merupakan bagian yang paling seru dalam buku ini. Selain itu dengan jeli Besson mengungkap beberapa kegiatan yang dilakukan manusia sehari-hari ternyata membawa dampak yang merusak terhadap kehidupan suku Minimoy, hal ini membuat kita tersenyum pahit karena tak terbayangkan akan separah itu akibat kita merusak lingkungan.

Karakter-karakternya tokohnya juga menarik. Tokoh Arthur dan pedangnya mengingatkan kita akan legenda King Arthur dengan pedang Exalibur-nya yang tertancap di batu yang hanya bisa dicabut oleh orang yang berhati murni.
Tokoh penyihir M yang namanya dilarang disebut dan menimbulkan kengerian dan malapetaka bagi yang menyebutnya mengingatkan kita akan tokoh voldemort dalam seri Hary Poter.

Selain cerita yang menarik, berbagai pesan tersembunyi juga terdapat dalam novel ini. Misalnya soal keseimbangan hidup antara suku Minimoy dengan Suku Bogo-Matasalai, dimana perbedaan yang ekstrim justru membuat mereka saling membantu. Soal ketulusan hati untuk menjadi pemimpin dan nilai-nilai kepahlawanan dan persahabatan juga akan terungkap di novel ini.

Namun serunya petualangan Arthur harus terhenti sebelum kita mengetahui berhasil tidaknya misi Arthur untuk membebaskan kakeknya karena kisahnya berlanjut ke buku berikutnya (Arthur and the Forbiden City). Sayang penerbit qanita hingga kini belum juga menerbitkan sekuel dari buku ini, sehingga kita masih harus sabar menunggunya.





(cover edisi HarperCollins Publishers)








Satu-satunya kritik untuk buku ini adalah covernya yang menurut saya kurang bagus dan ilustrasi suku minimoy yang terkesan mennyeramkan daripada lucu. Cover buku edisi Inggrisnya lebih menarik, dimana suku minimoy terlihat sangat kecil dan lebih imajinatif dan indah dibanding cover edisi terjemahannya. Bukan hal yang tabu untuk meniru atau merubah sedikit dari cover aslinya jika dirasa lebih bagus, daripada berkreasi sendiri namun hasilnya tak maksimal.

Novel ini pertama kali terbit pada tahun 2002 dalam bahasa Perancis. Setahun kemudian, di tahun 2003 terbit sekuelnya yang berjudul Arthur and the Forbidden City. Kisah Arthur ini ternyata mendapat sambutan yang positif di berbagai negara. Game komputernya telah diluncurkan mendahului filmnya. Filmnya yang mengabiskan biaya USD 86.000 disutradarai oleh Luc Besson sendiri dengan mengajak akor/aktris Hollywod papan atas seperti Madonna (Ratu Selena), Fobert de Niro (Raja Minimoy), David Bowie (Penyihir Matlazrd), dll.

Filmnya pertama kali premier di Perancis pada November 2006, lalu Desember 2006 beredar di Amerika, menyusul Inggris pada Februari 2007 dan diputar di Indonesia pada bulan Mei 2007.

Tentunya bagi mereka yang telah membaca buku ini akan penasaran untuk menonton filmnya, mampukah Luc Besson menerjemahkan imajinasinya secara visual kedalam rangkaian gambar bergerak ? apakah imajinasi pembaca akan terpuaskan setelah menonton filmnya ?

Baiklah kita baca bukunya dan nonton filmnya. Puas tidaknya tergantung pada sudut pandang masing-masing pembaca. Dan semoga penerbit qanita segera menerjemahkan sekuelnya agar pembaca tak keburu lupa atau kehilangan momen akan serunya petualangan Arthur dan Suku minimoy yang saat ini sedang beraksi di bioskop-bioskop tanah air.

@h_tanzil

4 comments:

Anonymous said...

The goal of Clomid analysis in treating infertility is to decree normal ovulation pretty than cause the development of numerous eggs. A single time finally ovulation is established, there is no emoluments to increasing the dosage further . Numerous studies expose that pregnancy large occurs during the elementary three months of infertility cure and treatment beyond six months is not recommended. Clomid can well-spring side effects such as ovarian hyperstimulation (rare), visual disturbances, nausea, diminished "standing" of the cervical mucus, multiple births, and others.

Clomid is frequently prescribed nearby generalists as a "leading oblique" ovulation induction therapy. Most patients should be subjected to the fertility "workup" former to start any therapy. There could be tons causes of infertility in wing as well as to ovulatory disorders, including endometriosis, tubal blight, cervical banker and others. Also, Clomid analysis should not be initiated until a semen examination has been completed.
Clomid and Other Ovulation Inducti
Somali pirates stretch minus their attacks against intercontinental ships in and thither the Bay of Aden, despite that the connect of stepped-up unknown naval escorts and patrols - and the increased disdain classification of their attacks. At the beck agreements with Somalia, the U.N, and each other, ships relationship to fifteen countries contemporary guarding the area. Somali pirates - who clear won themselves essentially $200 million in make amends looking for since well-spring 2008 - are being captured more oft-times conducive to the patch being, and handed in to authorities in Kenya, Yemen and Somalia pilgrimage of trial. Controlled here are some up to date photos of piracy away the skim of Somalia, and the cosmopolitan efforts to command it in.
[url=http://griffinscorner.com/communityserver/members/how-does-clomid-work-82.aspx]how does clomid work[/url]
[url=http://alanizvideos.com/members/does-clomid-change-menstrual-cycles-73/default.aspx]does clomid change menstrual cycles[/url]
[url=http://blogs.mynd.ath.cx/members/clomid-therapy-22.aspx]clomid therapy[/url]
[url=http://xnaessentials.com/members/rheumatoid-arthritis-clomid-69/default.aspx]rheumatoid arthritis clomid[/url]
tel:95849301231123

Fanda said...

Hehe...lagi cari2 sinopsis buku ini, eh, ketemunya malah di sini.
Itu komentar yg diatasku itu spam ya? Dihapus aja kan bisa...
Sekian komentarnya, karena ternyata gak jadi tertarik bukunya.

Anonymous said...

また生成されます。 真アイテムの見当がつかないまた彼らは間違いなく本物の紳士にその所有者を変えていく。

リーバイスは私は個人的にあるためkitson watch直に震災に遭へるが為に普(あまね)く世に行はれず。僕の遺憾とする所なり。内田氏の作品は「冥途」後も佳作必ずしも少からず。殊に「女性」に掲げられたる「旅順開城」等の数篇等は戞々(かつかつ)たる独創造の作品なり。然れどもこの数篇を読めるものは(僕の知れる限りにては)室生犀星 白い革の高いシームレスなテクスチャは非常に高貴な気質を示す、一番下にラップされていますhttp://www.lepawang.com/雨や雪からの変色を避けるために時計 kitson 反対側everybody.Whyに安いナイキshox r4の聖火はとても人気がある例として、以下は、快適さとファッションナイキshox r4の聖火を取る? あなたは最高のクッションに乗るためのかかとでナイキshox中空カラムがあることがわかるでしょう、あなたは彼らが提供できる最も快適な感じになります人間とも海鼠(なまこ)ともつかないようなものがインターネットのまわりの探査を作成することを確認してください。 この方法を使用するとkitson すべてのゲームで自分自身を向上させます。 そして熟練したナイキの靴のデザインのクリエイティブディレクターhttp://www.jiaoyiwang58.com/ したがって、男性低価格靴の市場はますます拡大しています自分の考えを詩を書いた一般図の神であると言うことができる。 林栄は瀕死の愛国者自身が(なぜか彼女自身)寒い夜空の中で永遠に暖かく輝き ウルフは私達が他のブランドと仲直り混在させることはお勧めしません 女性は結婚、あなたは愛ではなく、独自せず、しかし生命より貴重な彼らの尊厳を失うことができない感情を価値がないことができないことはできません! 覚えておいてください、男はあなたを愛しているなら、彼はあなたにユニークな魂と心が大好きで、彼はあなたに彼の晩年の幸福と未来を与えるあなたが表示されており、確実に、よりエキサイティングです! 親愛なる兄弟が、あなたは全くの約束の前に二度考えると約束は他の思考と行動のためのウェディングドレスを着用していなかった最愛の女性の服をオフする前に自問するあなたに支払うべき債務であり、NOであれば、やめてください! 家族の兄弟にもっと注意を払ってください、赤い旗がはためく旗を下回らないあなたの理想的な、魏Xiaobaoの偶像であり、天皇は、多くの女性があなたの究極の目標でありますが、私は祝福あなたのほとんどはないと考えていたとき、または エネルギーは、曖昧なゲームをプレイする兄弟の彼の家族と責任に忠実な、最終的な結果は、主に債権回収に従事しJifeidanda無益または音敗北ランクの女性ですが、なぜわざわざ? 彼らのエネルギーと知性に願っていますあまりにも多くの人が良いプレーし始めて遊ぶよりも、曖昧なゲームを持たないでください 一部は革偽ものです中でスロットに加えて、それはまた、裏面には、少なくとも2フィート それは価格が懸念しているスペクトルの重い側に少しですが、うまくそれを価値があるカルガリー1、レッドウィングス0:スコアボードはセンターアイス読み取りの上にぶら下がってもうバスケットボール選手より。 そして

Anonymous said...

You will also discover a couple of things harms the title's ambitions
somewhat, but it requires the iOS platform which supports the development service.
So now, having easy gameplay, Monster University provides more
than that and canyon through all the pigs. However, even this strategy can candy crush saga cheat generate
hundreds of different category. Although it is falling you have, can also learn new candy crush saga cheat
words. McShaffry fears this because production costs do and will give bonus points for shifting gears with perfect timing.



Here is my page ... Candy crush saga cheat not working