Monday, January 19, 2015

Komik Garuda by Oyasujiwo

[No.348]
Judul : Garuda
Penulis : Oyasujiwo
Penerbit : Noura Comic
Cetakan : I, Desember 2014
Tebal : 100 hlm

Pada tanggal 8 Januari 2015 yang lalu film Garuda Superhero, sebuah film superhero karya anak bangsa garapan X-Jo  rilis di bioskop-bioskop tanah air. Selain film, Garuda Superhero juga  dibuat dalam bentuk komik oleh  Noura Comic.

Komik hitam putih dengan judul yang sama seperti filmnya ini dibuat oleh Oyasujiwo .Namun jangan salah, komik ini tidak sekedar memindahkan  kisah yang ada di filmnya ke dalam sebuah komik seperti halnya komik-komik lyang berasal dari sebuah film. Kisah dalam komik Garuda ini berbeda dengan filmnya. Oyasujiwo sendiri mengatakan bahwa komik garapannya ini memperkaya filmnya karena kisah komik Garuda ini dibuat dari sudut pandang anak-anak, terutama anak sekolah.

"Plot komik ini mengambil salah satu bagian awal di cerita filmnya, lalu dikembangkan lebih dalam dengan sudut pandang lain. Dipilihlah sudut pandang bagaimana anak-anak sekolah melihat sosok Garuda" (hlm 76)

Komik ini dibagi dalam 5 bagian yaitu File#01 Invasi, File#02 Gerilya, File#03 Memori, File# 04 Metamorfosis, File#05 Cinema. 

File#01 dan File# 02  mengisahkan bagaimana anak-anak dan Garuda  melawan serangan dari mahluk asing yang menyerang Metro City. Bagian ini diawali dengan suasana di dalam kelas SD Nasional Metro City dimana anak-anak diberi tugas menggambar sosok pahlawan menurut imajinasi masing-masing anak. Dari situ kisah bergulir ke proses evakuasi anak-anak dari sekolah karena adanya ancaman kehadiran mahluk asing. Ketika anak-anak dalam perjalanan bersama bus sekolah tiba-tiba mahluk asing dengan senjata canggih meyerbu Metro City. Di dalam bus hanya ada perlengkapan sekolah, alat-alat olah raga dan sekotak mainan. Dari semua yang ada anak-anak mencoba melawan mahluk asing hingga akhirnya Sang Garuda datang menolong.



Di File#3 dikisahkan asal usul tokoh Garuda yang aslinya bernama Bara dan tokoh jahat bernama Durja. Bagian ini dikisahkan  secara paralel dalam dua sisi yang saling berdampingan, halaman sebelah kiri  untuk kisah  Bara, dan halaman sebelah kanan untuk kisah Durja


Bagian ini bagi saya merupakan bagian yang paling  menarik karena dengan kekuatan gambar di atas latar hitam pekat dengan sedikit kata-kata penulis mampu membawa kita menyelusuri jejak kehidupan Bara dan Durja secara bersamaan.

Bagian File#4 berisi tentang proses kreatif penulis dalam merancang versi gambar dari karakter "live" garuda karakter garuda,  membuat plot cerita komik, membuat sketsa dan merapikan, dan memindainya menjadi file digita, memberi "tone", memasukkan aksara hingga siap dikirim ke penerbit.


Buku ini ditutup dengan File#05 yang berisi tentang film Garuda yaitu deskripsi, repro poster film, foto karakter-karakter utama dalam film, dan foto-foto acara Meet Greet Garuda Superhero, dll.

Sebagai sebuah kisah Garuda superhero tampaknya komik ini belum memaksimalkan karakter Garuda-nya, selain kisah yang mengungkapkan masa lalu Garuda komik ini didominasi kisah anak-anak sekolah yang melawan serangan mahluk asing sedangkan sang superhero sendiri hanya muncul di awal dan akhir kisah. Selain di bagian ketiga (memory) , tokoh antagonis Durja juga tidak muncul dalam kisah komik ini. Asal usul mahluk asing yang menyerang Metro City juga tidak dijelaskan sehingga kita tidak tahu dari mana dan apa tujuan dari serangan mereka.  Sepertinya memang komik ini akan ada kelanjutannya. Jika demikian alangkah baiknya jika pembaca diberi petunjuk bahwa akan ada seri-seri selanjutnya.

Terlepas dari hal itu komik ini  mengandung nilai moral yang baik untuk anak-anak, kisah bagaimana anak-anak bahu membahu melawan serangan mahluk asing dengan peralatan yang ada menumbuhkan semangat kebersamaan dan memberi keyakinan bahwa setiap orang bisa menjadi pahlawan.  Walau ada sosok superhero yang sesungguhnya yang diwakili oleh tokoh Garuda namun mereka tidak bergantung pada sang superhero namun dengan keyanikan, kepercayaan diri, dan kerja sama mereka akhirnya bisa mengatasi musuh.

"Yang ingin saya sampaikan, bahwa semangat Garuda Superhero itu ada di diri kita masing-masing, setiap orang bisa jadi pahlawan, dan itu yang ingin saya sampaikan di komik saya, bahwa setiap orang bisa berpartisipasi untuk mengubah dan membuat perbaikan di negeri ini," (Oyasujiwo, www.harnas.co 14/12/2014)

@htanzil

5 comments:

Siro said...

Komik karya anak bangsa^^. Sepertinya dunia komik Indonesia memulai lagi geliatnya ^^

pachrur huda said...

semoga industri komik lokal semakin baik... :)

cara pengobatan alami polip rahim paling ampuh dan aman said...

I want to sleep, because it was tired of the comments to the blog pagerank. I hope my blog quickly rose in google, ameen

Alamanda said...

Nice info gan. Wah, ane makin seneng deh ngeliat udah banyak comic creator Indonesia yg muncul. ^^

PENGOBATAN PENYAKIT PALING AMPUH said...

salam kenal gan dari saya untuk pak admin, saya tunggu artikel artikel bagusnya gan..:)